BMKG Memperingati Kemungkinan Cuaca Ekstrem Hingga 2 Mei

oleh -204 views

TRANSMETRO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem yang terjadi untuk periode 25-2 Mei 2019.

Dikutip dari rilis BMKG, disebutkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia untuk dua periode dari masa tersebut.

Untuk periode 25-28 April potensi hujan lebat dapat terjadi setidaknya di 30 provinsi termasuk DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Lalu periode 29 April-2 Mei 2019 potensi hujan lebat dapat terjadi di 16 hari termasuk Jabar, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

“Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) pada fase basah diprediksikan cukup signifikan terjadi dalam periode satu minggu ke depan, kondisi tersebut dapat meningkatkan suplai massa udara basah di sebagian besar wilayah Indonesia,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo dikutip dari rilis tersebut.

Baca Juga  Gempa Berkekuatan 5,7 Skala Richter Guncang Cilacap, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

“Sementara itu pusaran angin teridentifikasi terbentuk di sekitar Laut Sulawesi, Selat Makassar, Kalimantan Barat dan Laut Cina Selatan Utara Kalimantan yang dapat menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian barat dan tengah,” ucapnya.

Potensi Gelombang Tinggi
Selain hujan lebat dan cuaca ekstrem, BMKG pun memperingatkan peluang terjadinya gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter untuk periode 25 April-2 Mei 2019.

Gelombang tinggi itu diperkrakan terjadi di Perairan barat Sabang-Banda Aceh, Perairan barat Aceh, Perairan barat Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudera Hindia barat Sumatra.

Lalu, perairan selatan Jawa hingga Sumba, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali selatan Nusa Tenggara Timur, dan Samudera Pasifik utara Papua.

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *