MASUK KAMPUNG RAMAH LINGKUNGAN MUSPIKA TLANJUNG UDIK ADAKAN AKSI BERSIH LINGKUNGAN

oleh -426 views

BOGOR,TRANSMETRO.id, -Warga Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang masuk dalam Kampung Ramah Lingkungan (KRL) binaan PT Tirta Investama Aqua Citeureup, melaksanakan aksi bersih di Setu Tlajung Udik, Senin (22/4). Kegiatan gerakan penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia yang merupakan perayaan Hari Bumi tahun 2019 ini, melibatkan jajaran Muspika Gunung Putri, pelajar SDN 01, 03 Gunung Putri serta dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana dan perwakilan Bapedas Bogor, Yuni.

Sebelum melaksanakan kegiatan, warga binaan perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) Danone Aqua dan para tamu undangan, terlebih dulu melakukan penanaman pohon di sekitar setu. Kemudian, dilanjutkan dengan menyaksikan seni bela diri Pencak Silat yang diperlihatkan para pemuda pecinta lingkungan setempat.

Tak berapa lama, warga secara bersama-sama membersihkan sampah yang ada di Setu Tlajung Udik, mulai dari hulu sampai hilir, sehingga setu terlihat bersih dan bebas dari sampah plastik dan lainnya. Usai melaksanakan aksi bersihnya warga diajak menyaksikan cara pengolahan sampah yang ada di lokasi Bank Sampah dan pengelolaan pertanian oleh KRL Masker.

Baca Juga  Prihatin dan Mengutuk Pembantaian Palestina, Pj Sekda H. Barnas :

Selain penanaman pohon di sepanjang pinggir setu untuk penghijauan, pihak Aqua juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui bersih – bersih sampah. Termasuk, juga di lakukan penebaran ribuan bibit ikan Lele dan Nila sebagai endemik lokal Setu Tlajung Udik yang proses penbarannya di awali oleh Camat Gunung Putri dan Danramil Gunung Putri, selanjutnya secara bersama-sama dilepaskan ke setu oleh para peserta yang hadir.

Dalam sambutan Bupati Bogor yang dibacakan Camat Gunung Putri, Djuanda Dimansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusaan Aqua yang sudah memotori kegiatan perayaan hari bumi, sehingga warga sekitar bersama-sama bisa menjaga setu yang menjadi ikon Tlajung Udik.

“Kalau tidak ada perawatan akan menjadi lahan fungsi yang berbeda. Bahkan, bisa jadi setu menjadi kotor penuh dengan sampah. Makanya saya selaku camat mengucapkan terimakasih kepada pihak Aqua maupun perusahaan lainnya yang sudah menggagas kegiatan ini, sehingga menjadi berkah buat Aqua khusus nya dan masyaraka sekitar,” kata camat. Senin (22/4/2019).

Baca Juga  Diduga Ulah Brandalan Bermotor, Teguh Terluka Akibat Sabetan Sajam

Hal serupa disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana yang mengapresiasi setingi – tingginya kepada masayarakat pecinta lingkungan di wilayah Gunung Putri, karena dinilai sudah ikut membantu mensosialisasikan moto Kabupaten Bogor Yang Antik ( Asri Tanpa Plastik ).

“Kita jaga alam, maka alam pun akan jaga Kita,”ucapnya.

Dikesempatan sama, Plant Direktur PT. Aqua Citeureup, Tatang Sondana, menyampaikan terima kasih nya kepada seluruh masyarakat yang sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan. Menurutnya, menjaga lingkungan untuk menjadi warisan anak cucu di masa mendatang dan menjadi tanggung jawab bersama.

“Dalam hal ini, kami pihak Aqua akan terus berupaya berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan dan ini semua demi kelangsungan lingkungan untuk menjadi lebih baik di masa mendatang,” ungkap Tatang.

Baca Juga  Peringati Sumpah Pemuda, Karang Taruna & Pramuka Menggelar Gerakan Penanam Pohon

Sementara, Albert, ketua KRL Masker Desa Tlajung Udik mengaku bangga dengan Aqua dan perusahaan yang terlibat dalam perayaan hari bumi ini. Alasannya, karena dengan kegiatan seperti ini, warga mulai semakin peduli akan pentingya menjaga lingkungan.

“Saya merasa senang dengan kegiatan yang dilakukan pihak Aqua dan Muspika Gunung Putri, terutama kegiatan menjaga lingkungan. Coba lihat sekarang setu ini bersih dan tidak ada sampah, jadi indah di pandangnya,” tukasnya yang tempat tinggalnya tak jauh dari Setu Tlajung Udik.

Reforter, ; Kusmanto

Redaktur : Frans Hermawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *