Tokoh-tokoh Indonesia yang Pernah Masuk ke Dalam Ka’bah

oleh -644 views

TRANSMETRO.id, BOGOR – Bagi banyak orang, memasuki Ka’bah adalah anugerah tersendiri, lain cerita bagi tokoh-tokoh asal Indonesia ini. Menyandang status sebagai presiden republik Indonesia mereka pun menjadi tamu kehormatan yang sangat beruntung, ketika diberi kesempatan untuk memasuki bagian dalam Ka’bah.

Berikut tokoh Indonesia yang pernah memasuki Ka’bah :

1. Soeharto
Pada 30 Oktober 1995. Soeharto yang pada masa itu menyandang status sebagai Presiden Republik Indonesia memasuki pelataran Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah didampingi istrinya, Ibu Tien, Soeharto . Ditemani rombongan, mereka pun mendapatkan kesempatan memasuki Ka’bah, kira-kira selama 20 menit. Pada saat itu, dia juga didampingi oleh anggota keluarga lainnya, seperti Siti Hardiyanti Rukmana; Bambang Trihatmodjo dan Ny. Halimah; serta Siti Hediyanti Herijadi dan enam cucu.

Baca Juga  Heboh, Warga Cicantayan Sukabumi Kecebur Sumur Tua

2. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Pada 24 April 2006. Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono berkesempatan memasuki Ka’bah. Seusai menjalankan tawaf, perjalanan SBY yang dikawal Paspampres sekaligus tentara Kerajaan Saudi lantas langsung dialihkan menuju tangga Ka’bah yang menyambungkan bagian luar dengan bagian dalam Ka’bah.

3. Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana, serta kedua putranya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, melaksanakan ibadah Umrah, Senin (15/4/2019).

Atas izin Raja Arab Saudi, sebagai penjaga dua kota suci, Jokowi dan keluarga masuk ke dalam Ka’bah.

Seperti dalam siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Presiden kemudian melanjutkan dengan melakukan Tawaf. Setelah itu, dilanjutkan dengan salat Subuh berjamaah di depan Multazam. (*)

Baca Juga  Bupati Sukabumi; Semoga Ponpes Assyafiriyah Terus Memberikan Sumbangsih Pemikiran Untuk Sukabumi

Reforter. : Yadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *