TPS 19 Leuwimalang Tempat Nyoblos Wabup Bogor Iwan Setiawan

oleh -248 views

TRANSMETRO.idBOGOR-Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama istrinya, Halimatu Sadiah menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Sebagai pemilih di TPS tersebut, Bupati dan istrinya yang datang sekitar pukul 8.30 WIB ini, langsung mendaftar ke KPPS dan dilanjut melakukan pencoblosan.

Menurut Wabup, Pemilu 2019 ini merupakan perjalanan panjang dari proses suksesnya Pilpres dan Pileg. Dimana, diharapkan setelah pencoblosan ini masyarakat bisa kembali seperti biasa.

“Intinya, kami menginginkan selesai dari pelaskanaan pencoblosan ini keadaan dapat kembali normal dan tidak membicarakan lagi tentang pilhannya masing-masing,”kata Wabup usai menggunakan hak pilihnya. Rabu (17/4/2019.

Baca Juga  Bupati Sukabumi; Sinergi PGRI Untuk Anak Bangsa

Selain itu, lanjut Wabup, masyarakat juga tidak diperbolehkan untuk saling menghujat maupun mencaci, manakala ada perbedaan pendapat dari para pendukung berbeda. Karena, inilah kedewasaan demokrasi.

“Hari ini, demokrasi selesai, jadi kami minta jangan ada lagi kegiatan – kegiatan yang sifatnya profoaktif atau saling menghujat baik untuk yang menang atau yang kalah. Ini lebih penting yang perlu dijaga oleh semuanya,”tegas Wabup

Ia menilai, partisifasi masyarakat dalam menggunakan haknya pada Pemilu 2019 sekarang sangat luar biasa. Mereka sangat antusias menyambut pemilihan Pilpres dan Pileg. Sementara, soal hasil siapa yang menang dan kalah tidak menjadi ukuran dan gambaran.

“Kalah menang jangan jadi ukuran, jadi apapun hasilnya dari pemilihan sekarang masyarakat harus siap menerimanya. Mengingat, semua itu sudah merupakan hasil pilihan masyarakat itu sendiri,” terang Wabup.

Baca Juga  Ketua Fraksi Demokrat : "Tawuran Makan Korban Jiwa, Perda Kepemudaan Kedepan Harus Menjadi Pijakan"

Tak hanya itu, Wabup berharap masyarakat juga tidak menyalahkan pelaksana penyelenggara pemilu yakni KPU. Pasalnya, ia dan Bupati sudah menggaransi dan menjamin bahwa KPU dalam hal menjalankan tugas pokonya sudah profesional.

“Sebelumnya, saya bersama Bupati sudah mendatangi KPU guna memastikan perangkat-perangkat penyelenggara pemilihan untuk profesional, baik ditingkat kecamatan maupun kabupaten. Artinya, dalam posisi ini memastikan bahwa pihak KPU harus benar-benar menjalankan pungsinya dengan jujur, adil dan netral. Disamping meyakinkan jangan sampai ada hal-hal yang sifatnya untuk memenangkan salah satu calon Pilpres atau Caleg, biar masyarakat yang menilai, sebab tensi perasaan psikologis masyarakat sekarang itu cukup tinggi,” jelasnya.

Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparat yang terlibat dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg ini, mulai dari KPU, Panwas, jajaran TNI, Polri, dan seluruh komponen masyarakat lainnya yang telah mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi ini.

Baca Juga  Truk Barang Terguling di Perbatasan Banten- Sukabumi

Reporter : Agus Sudrajat

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *