26 Kilogram Sabu Disita BNNP Kepri, Delapan Orang Diamankan

oleh -816 views
Para tersangka kasus Narkoba seberat 26 kilogram diamankan dari tiga kali operasi penangkapan, Jumat (31/5).

BATAM, TRANSMETRO.ID –  Delapan orang diamankan dalam operasi yang digelar BNNP Kepri bersama Polda Kepri. Kedelapan tersangka tersebut merupakan sindikat jaringan narkotika Internasional yang berhasil dibongkar Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala BNNP Kepri Brigjen Richard M. Nainggolan mengatakan pengungkapan tersebut merupakan kerjasama antara BNNP Kepri dan Polda Kepri.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 4,7 Guncang Nias Utara

“Pengungkapan ini pada tanggal 25 Mei 2019 berhasil ditangkap di sebuah rumah,” ujar  Richard, seperti dikutip detikcom, Jumat (31/5).

Delapan orang yang diamankan merupakan warga negara Indonesia (WNI). Richard mengatakan, dari para pelaku turut diamankan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu seberat 26 kilogram, “Dari para pelaku disita barang bukti narkotika jenis sabu seberat 26 kilo gram,” katanya.

Baca Juga  Polres Sukabumi Amankan Seorang Pria Terduga Pembunuh Amelia

Baca Juga : Malam Ini Kemenhub Targetkan Perbaikan Kereta Api Lodaya Selesai

Para pelaku yang diduga kerap beroperasi di wilayah perairan Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau itu ditangkap di Pulau Judah, Desa Keban, Kecamatan Moro pada 25 Mei 2019 lalu. Dari hasil penyelidikan, para pelaku menggunakan modus ship to ship atau memindahkan narkotika dari kapal ke kapal pelaku yang berpura-pura sebagai nelayan.

Tak hanya itu, dari hasil penyelidikan, para pelaku menyembunyikan narkotika itu dalam bungkusan teh China. Mereka kemudian kembali menyembunyikan paket sabu-sabu itu ke dalam speaker aktif berukuran besar. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kecurigaan para nelayan lain yang ada di pinggir Pantai Tanjung Balai Karimun.

Baca Juga  Berkedok Truk Sayur Kol 35 Kilogram Sabu Digagalkan BNN

Baca Juga : Jelang Lebaran, BNNK Bogor Periksa Kesehatan Sopir Bus di Terminal Baranangsiang

Usai dirilis di hadapan wartawan, barang bukti 26 kilogram sabu tersebut selanjutnya dimusnahkan dengan menggunakan alat pemusnah milik BNN. Akibat perbuatannya, kedelapan pelaku dijerat dengan pasal berlapis Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati.

Reporter  : Redaksi
Redaktur : Bambang Supriyadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *