Belasan Ribu Napi di Jawa Barat Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

oleh -228 views
Ilustrasi Remisi Narapidana

BANDUNG, TRANSMETRO.ID – Sebanyak 13.706 narapidana di Jawa Barat mendapatkan remisi Lebaran 2019. 210 napi di antaranya langsung bebas. Hal itu merupakan usulan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat Abdul Aris mengatakan, saat ini total terdapat 24.370 napi dan tahanan dibina di 33 rutan dan lapas di Jabar. Namun, hanya 13.706 warga binaan pemasyarakatan yang beragama Islam yang diusulkan mendapat remisi tahun ini.

“Sebanyak 210 orang napi langsung bebas,” kata Aris, seperti dikutip sindonews.com, Jumat (31/5).

Aris mengemukakan, napi yang langsung bebas itu merupakan napi yang sisa masa tahanannya sebentar lagi. Jadi, ketika mendapatkan remisi, masa hukumannya langsung habis.

Baca Juga  Sakit Perut Tak Kunjung Sembuh, Lelaki Paruh Baya Nekad Gantung Diri

“Saat diusulkan, sisa pidananya itu tinggal satu bulan. Karena dapat remisi satu bulan, makanya bebas. Jadi saat diusulkan sisa pidana sudah mendekati bebas,” kata Aris.

Dia menuturkan, pembagian remisi Lebaran ini dibagi dua kategori. Pertama, remisi khusus I sebanyak 13.489. Kedua, remisi khusus II berjumlah 210. Remisi khusus I artinya napi masih harus menjalani sisa pidana meski telah mendapat remisi. Sedangkan remisi II langsung bebas.

Usulan remisi ini paling banyak diberikan kepada napi kasus narkotika. Jumlah napi yang mendapat remisi mencapai 4.177 orang. “Remisi khusus Idul Fitri diberikan kepada narapidana beragama Islam yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Napi telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin), dan aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan,” pungkas Aris.

Baca Juga  Wartawan Bersama LSM Bergabung Kembali, Dalam Petisi Soal Kasus Oknum Apdesi di Palabuhanratu

Reporter  : Redaksi
Redaktur : Bambang Supriyadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *