Gunung Pongkor Longsor, Puluhan Penambang Belum Ditemukan

oleh -834 views

BOGOR, TRANSMETRO.ID – Bencana longsor melanda penambang emas ilegal di area Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Lima orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sementara tiga orang selamat.

Menurut informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, menyatakan longsor terjadi pada Minggu (12/5) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB, berlokasi di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung.

“Struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor dan puluhan penambang tertimbun tanah belum ditemukan,” kata Sekertaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo, Senin (13/5) malam.

Baca juga : Longsor di Sukamaju, Ancam Empat Rumah

Budi mengatakan, saat ini petugas gabungan BPBD, SAR, TNI-Polri berada di lokasi untuk menyisir keberadaan korban. Informasi terkini, lima orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan belum teridentifikasi identitasnya.

Baca Juga  Danrem 061/SK Terima Suntikan Kedua Vaksin Covid-19

“Hingga siang tadi juga ditemukan tiga orang selamat atas nama Uus (35) Desa Bantar Karet, Dede (30) Desa Cisarua, Dika (24) Desa Cisarua. Dan saat ini puluhan (lain) penambang belum ditemukan,” kata Budi.

Baca juga : Lomba Sekolah Sehat, Sekda Minta Jangan Hanya Sekedar Mengejar Juara 

Budi menjelaskan, tim SAR mengalami kesulitan karena lokasi longsor yang sangat curam berada di lereng kaki gunung. Pencarian terpaksa dihentikan saat ini dan dilanjut esok hari. “Di lokasi posko PMI BPBD sudah siaga,” katanya.

REDAKTUR : Bambang Supriyadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *