Program PTSL, Kades Lembursawah Sampaikan Ucapan Terima Kasih Kepada Pemerintah 

oleh -849 views
Suasana penyerahan sertifikat program PTSL di Desa Lembursawah

SUKABUMI,TRANSMETRO.ID – Desa Lembursawah Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi mendapatkan program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap). Dengan Kuota 2000 bidang dari (Badan Pertanahan Nasional) BPN Kabupaten Sukabumi.

Program pemerintah melalui kementerian Agraria/BPN berupa pengurusan tanah secara massal atau sertifikat legalisasi aset ini nantinya bisa di rasakan oleh masyarakat desa Lembursawah secara gratis, karena masyarakat hanya membeli, patok batas dan materai.

Kepala Desa (Kades) Lembursawah Eti Rumiati, mengatakan proses PTSL kita bentuk kepanitia sampai tingkat RT dan kita libatkan juga tokoh masyarakat, “Alhamdulillah sekarang hampir 1200 bidang sudah terproses, dan masyarakat juga sangat antusias dengan program PTSL ini termasuk saat ini ada sekitar 363 bidang tengah diserahkan kepada masyarakat di Aula Kantor Desa setempat,“Tuturnya saat ditemui dikantor nya, Selasa (28/5)

Baca Juga  Pengobatan H Iwan Sihabudin, Cimande, Solusi Menyembuhkan Patah Tulang

Kades juga mengatakan mengingat pentingnya fungsi manfaat sertifikat tanah, maka pemerintah desa terus berupaya membantu masyarakat agar memiliki sertifikat atas lahan – lahan yang dimilikinya,

”Selama ini fenomena yang berkembang adanya anggapan proses pembuatan sertifikat butuh biaya tinggi, lama dan berbelit-belit sehingga masyarakat enggan mengurus, Namun adanya program PTSL ini jelas sanggat membantu masyarakat,”terangnya.

Kades mengaku sangat berterima kasih kepada BPN yang telah membantu penerbitan sertifikat tanah bagi masyarakat secara gratis. Sertifikat tanah hakekatnya sangat membantu warga yang bermuara pada perlindungan hukum bagi pemegang hak atas tanah. Kami sangat berterima kasih kepada BPN dan pemerintah.

“Semoga dalam pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematik lengkap ini berjalan dengan lancar sampai selesai, karena ada sekitar 800 bidang lagi masih dalam tahap proses. “terangnya.

Baca Juga  UPTD Pasar Semi Modern Parungkuda Bagikan Bantuan Beras Kepada Warga

Senada disampaikan Kepala Dusun (Kadus) Desa Lembursawah, Sopyanudin, yang merupakan petugas pengurusan PTSL mengatakan penyerahan sertifikat PTSL Ini adalah yang ke 5 kalinya dilakukan.

“Jadi jumlah keseluruhannya yang sudah diterima masyarakat desa ini sebanyak 1200 bidang, dan sisanya ada sekitar 800 yang belum selesai proses, ” terangnya.

 

REPORTER : NUR’AENI
REDAKTUR : BAMBANG/SUTISNA

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *