Miris! Soal Ujian SD di Serang Tidak Sesuai Mata Pelajaran

oleh -609 views

BANTEN, TRANSMETRO.ID – Nama Youtuber ternama Indonesia yang tengah naik daun Atta Halilintar, muncul di soal ujian kenaikan kelas di sekolah dasar (SD) di Kota Serang Banten. Soal itu diperuntukkan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas lima.

Soal diawali dengan teks bacaan tentang raihan prestasi Atta sebagai Youtuber, jumlah subscriber, konten video hingga pendapatan uang yang bersumber dari youtube.

Terkait hal hal itu, Plt Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Serang, Wasis Dewanto mengaku kaget ada soal ujian kenaikan sekolah SD di Serang yang menyodorkan pertanyaan tentang youtuber Atta Halilintar. Ia mengakui bahwa pembuat soal adalah pihak guru atau sekolah.

Soal yang dibuat pihak sekolah katanya tanpa pengawasan atau supervisi dari Dindik. Sekolah bertanggung jawab pada ujian kelas, sedangkan Dindik pada ujian tingkat nasional.

Baca Juga  Ini Kesaksian Warga Soal Kubah Tertiup Angin

“Nggak ada pengecekan karena dibuat oleh MBS (manajemen berbasis sekolah),” ujar Wasis, seperti dikutip detikcom, Selasa (28/5).

Ia sendiri memang menyayangkan soal siswa kelas 5 SD yang berisi tentang Atta Halilintar. Soal di ujian Bahasa Indonesia ini memang kurang patut jika menonjolkan sosok youtuber.

Lebih baik menurutnya memang soal ujian menonjolkan tentang keindonesiaan atau tentang tokoh nasional seperti Sukarno atau pendiri bangsa. Apalagi, belum tentu siswa di Serang mengenal sosok anak Gen Halilintar ini.

Untuk pihak pembuat soal, ia sudah berkoordinasi dengan Kasi Kurikulum dan Penilaian SD tentang masalah ini. Ia meminta sekolah dan guru yang membuat soal diberi pembinaan.

“Ia akan melakukan pembinaan kepada guru yang membuat soal, juga akan kita lakukan pembinaan di wilayah,” ujarnya.

Baca Juga  MASUK KAMPUNG RAMAH LINGKUNGAN MUSPIKA TLANJUNG UDIK ADAKAN AKSI BERSIH LINGKUNGAN

Reporter  : Redaksi
Redaktur : Bambang Supriyadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *