Pemkot Bogor Gandeng Muspida Komunikasi Bersama Pemilik Lahan Buka Jalan R3

oleh -567 views
Ratusan Warga Kelurahan Katulampa menggelar aksi setelah Jalur R3 tak kunjung dibuka.

BOGOR, TRANSMETRO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus berupaya menyelesaikan permasalahan terkait Jalan R3 (Regional Ring Road) yang hingga saat ini belum bisa dibuka.

Dari hasil keputusan Pengadilan Negeri Kota Bogor gugatan pemilik lahan melalui kuasa hukumnya tidak diterima. Menurut Majelis Hakim menafsirkan bahwa gugatan seharusnya diajukan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) bukan ke Pemkot Bogor.

Berdasarkan Undang-undang, kuasa hukum dan pemilik lahan mempunyai waktu 14 hari atau dua pekan setelah keputusan sidang, apakah akan melanjutkan jalur hukum, yaitu kasasi atau menempuh jalan lain.

Baca juga : Berencana Bangun Kantong Parkir di Bogor, Bima Arya : Tunggu Investor dan APBD

“Dari komunikasi dengan pemilik lahan, mereka sedang berunding dengan keluarga untuk menentukan pilihan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat saat ditemui usai Pengajian di Masjid At-Taqwa, Balai Kota Bogor, Senin (6/5).

Baca Juga  Bupati Sukabumi Hadiri Peringatan Haul Pendiri Pesantren

Ade mengatakan, Pemerintah Kota Bogor sangat mengutamakan kepentingan masyarakat. Sehingga dalam satu atau dua hari ini dirinya bersama Muspida akan berdiskusi dengan pemilik lahan agar keinginan masyarakat untuk dibukanya jalan R3 bisa terwujud.

Baca juga : 10 Caleg Incumbent Gagal

“Kami akan komunikasikan dengan Muspida semoga di Ramadhan ini bisa dibuka,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan Warga Dadan mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Pemkot Bogor untuk bisa kembali membuka jalan. Namun karena hasil appraisal senilai Rp. 14,9 miliar itu belum bisa diterima dengan alasan tak adanya kompensasi sejak tahun 2014 hingga 2018 sehingga belum ada kesepakatan untuk menyelesaikan persoalan yang ada.

Baca Juga  Hiswana Migas Pastikan Pasokan Gas Elpiji Hingga Idul Fitri Aman

Baca juga : Gantikan Apel Pagi, ASN Kota Bogor Ikuti Pengajian Ramadhan

“Kami mentaati proses hukum, tapi kami meminta kepada Pemkot dan pemilik lahan agar segera dibukakan hati nuraninya untuk membuka jalan R3,” katanya.

Reporter  : Bambang Supriyadi
Redaktur : Bambang Supriyadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *