Tetapkan 1 Syawal, Kemenag Gelar Sidang Isbat 3 Juni Mendatang

oleh -206 views

JAKARTA, TRANSMETRO.ID – 3 Juni mendatang Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal. Sidang isbat untuk menentukan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 hijriah atau Lebaran 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag, Mastuki.

“(Sidang isbat) tanggal 3 Juni,” ujarnya seperti dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (29/5).

Kemenag setiap tahunnya menggelar sidang isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya sidang isbat dihadiri duta besar-duta besar negara sahabat dan sejumlah pejabat pemerintahan, termasuk para pakar falak dari ormas-ormas Islam.

Rangkaian sidang isbat biasanya juga diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal atau bulan baru berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi.

Sidang isbat sendiri akan digelar secara tertutup yang dipimpin Menteri Agama. Dalam sidang tertutup Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah akan melaporkan hasil pemantauan hilal yang dilakukan di 34 titik di Indonesia.

Baca Juga  Jelang Lebaran, BNNK Bogor Periksa Kesehatan Sopir Bus di Terminal Baranangsiang

Jika pada 3 Juni hilal sudah bisa diamati atau dilihat oleh petugas yang sudah disumpah, maka 1 Syawal akan jatuh esok harinya, Selasa 4 Juni 2019.

Namun jika pada hari itu belum satupun petugas melihat hilal, maka Ramadan 2019 akan digenapkan menjadi 30 hari atau istikmal sehingga Lebaran 2019 jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Jika pemerintah baru akan menggelar sidang isbat penentuan lebaran, Muhammadiyah  sudah menentukan 1 Syawal 1440 Hijriah. Muhammadiyah menetapkan Lebaran 2019 jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah yang dikutip dari situs resminya, penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Lebaran 2019 ini berdasar hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Baca Juga  Satreskrim Polres Bogor Tangkap Empat Pelaku Curanmor

Menurut perhitungan Muhammadiyah, Ijtimak jelang Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Senin 3 Juni pukul 17.04 WIB. Pada saat itu tinggi Bulan ketika Matahari terbenam di Yogyakarta berada di posisi -00 derajat, 9 menit 22 detik. Dengan posisi tersebut diperkirakan hilal atau bulan baru belum wujud atau belum bisa diamati. Berdasarkan itu, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Reporter  : Redaksi
Redaktur : Bambang Supriyadi

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *