Caleg Terpilih Harus Segera Serahkan Laporan Harta Kekayaan ke KPU

oleh -242 views
Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara

SUKABUMI, TRANSMETRO.ID – Calon Legislatif (Caleg) terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi harus segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK melalui KPU Kota Sukabumi. Jika tidak menyerahkan LHKPN sampai waktunya pelantikan, caleg tersebut akan ditunda pelantikannya.

Hal itu dikatakan Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara. Menurutnya menyerahkan LHKPN merupakan kewajiban sebagaimana  diatur dalam ketentuan dari KPU.

Ketentuan yang dimaksud Agung adalah Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum. Berdasarkan peraturan tersebut, batas waktu penyerahan LHKPN adalah tujuh hari setelah penetapan peroleh kursi dan caleg terpilih.

“Bagi caleg yang terlambat menyerahkan laporan harta kekayaan akan mendapat saknsi yaitu ditunda pelantikannya. Saran kami, sebelum penetapan sebaiknya LHKPN diserahkan sekarang. Lebih cepat lebih baik,” ujar Agung, seperti dikutip pelitasukabumi.com, Rabu (24/7).

Sampai sekarang, sambung Agung, dari 35 caleg terpilih, baik petahana maupun pendatang baru, masih banyak yang belum menyerahkan LHKPN. Jumlah caleg terpilih yang telah menyerahkan LHKPN baru 18 orang, sisanya sebanyak 17 orang masih ditunggu oleh KPU Kota Sukabumi.

Jadwal penetapan peroleh kursi dan caleg terpilih DPRD Kota Sukabumi belum dapat diselenggarakan oleh KPU setempat karena masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Dua caleg yaitu  Habib Mustofa untuk DPR RI dari Partai Gerindra dan Hermansyah untuk DPRD Kota Sukabumi dari PPP mengajukan gugatan ke MK.

“Penetapan perolehan kursi oleh parpol dan caleg terpilih harus menunggu putusan MK.  Namun untuk perkiraan perolehan kursi tiap parpol dan nama-nama caleg terpilih bisa mengacu pada hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” jelas Agung.

Diperkirakan, MK akan membuat keputusan kira-kira tanggal 14 Agustus 2019. Setelah itu KPU RI akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada KPU Kota Sukabumi tentang hasil sidang PHPU. Berbekal surat tersebut, KPU Kota Sukabumi bisa menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih, waktunya sekitar tanggal 18 Agustus 2019.(ps/bas).

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *