Libatkan TNI, Petugas dan Relawan BPBD Dilatih Vertical Rescue dan Water Rescue

oleh -188 views

SUKABUMI, TRANSMETRO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memastikan bahwa pelatihan kemampuan dasar dan pengenalan alat kepada para peserta dalam evakuasi korban bencana sangatlah penting agar para relawan memiliki mental, fisik dan pengetahuan serta keterampilan dalam vertical rescue
(metode penyelamatan yang dilakukan pada medan vertical, red) dan water rescue (pertolongan atau penyelamatan serta cara pemindahan korban dari perairan) saat penanggulangan bencana.

Kabid Kedaruratan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherman menjelaskan pelatihan dasar penanggulangan bencana sangat penting agar dalam evakuasi sehingga korban bencana sudah memiliki keterampilan.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut dalam upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas para petugas dalam penanggulangan Bencana, baik itu relawan maupun satgas penggulangan bencana

“Pelatihan dasar ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari unsur relawan yang bergerak dan aktif dalam penangulangan bencana, unsur relawan kecamatan dan satgas BPBD Kabupaten Sukabumi” Jelas Maman, saat ditemui usai pelatihan di Mako Batalyon 310 Kidang Kencana Cikembar, Selasa (23/07).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Somantri menyatakan bahwa Kegiatan yang diinisiasi oleh BPBD dan Batalyon 310 tersebut merupakan sinergitas yang baik.

“Sinergi seperti ini yang di harapkan untuk merubah pola pikir, sikap dan cara bertindak termasuk pembinaan mental dan fisik bagi para relawan dalam rangka menghadapi bencana atau antisipasi bencana agar bisa mengambil tindakan pertolongan yang tepat, juga memahami cara berkoordinasi dan evakuasi,” ungkapnya.

Hal ini, lanjut Iyos, harus terus dilaksanakan dan bekerjasama dengan batalyon 310 untuk melakukan pelatihan-pelatihan secara bertahap bagi terkait tanggap darurat dan kesiapsiagaan. (infokom/did/bas).

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *