Pelaksanaan Perda Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah Harus Didukung Petunjuk Teknis dan Sanksi

oleh -348 views
Sekretaris Fraksi PPP, Ujang Rahmat

SUKABUMI, TRANSMETRO.ID – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi mendukung ditetapkannya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) retribusi pemakaian kekayaan daerah berupa Laboratorium L
lingkungan.

Dukungan tersebut diungkapkan Sekretaris Fraksi PPP, Ujang Rahmat saat menyampaikan pandangan umum fraksinya di rapat paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi, baru-baru ini.

“Ketetapan regulasinya kami dukung, namun untuk pelaksanannya tentunya harus didukung oleh petunjuk teknis dan tata cara palaksanaan, Bila perlu dilengkapi juga dengan sanksinya,” kata anggota dewan dari dapil satu ini.

Kendati demikian, Ujang menilai, hingga hari ini tidak sedikit pengguna kekayaan daerah tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan dan tanggungjawab sosial yang diakibatkan oleh aktivitasnya, baik itu dibidang Industri berskala kecil, menengah maupun besar. Bahkan ada juga dari sektor Industri Pertambangan maupun Perkebunan,” terangnya.

Menurutnya saat melakukan klarifikasi dan menampung aspirasi dilapangan, baik melalui kegiatan Reses, temu kader maupun masukan dan laporan dari masyarakat, terdapat sejumlah masalah yang masih harus menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah.

“Misalnya terdapat sejumlah lahan bekas galian yang ditinggalkan begitu saja oleh pengusaha, sehingga berdampak kepada kualitas tanah, air, udara dan lingkungan, kemudian ada beberapa lahan perkebunan yang terlantar,” sebutnya

PPP berharap, dengan ditetapkannya Perda tentang pemakaian kekayaan daerah berupa laboratrorium lingkungan semua hal tersebut dapat diatasi dengan baik dan benar, tukasnya (Tisna/Bams/bas).

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *