101 Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta III Laksanakan PKL di Desa Cinagara

oleh -1K views

BOGOR, TRANSMETRO.ID – Sebanyak 101 mahasiswa Poltekes Kemenkes Jakarta D III kebidanan melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) di Desa Cinagara Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Ketua Tim Mahasiswa, Nurmalita Rossardi mengatakan kegiatan PKL tersebut dilaksanakan selama 18 hari, mulai dari 14 hingga 31 Agustus 2019 dengan didampingi enam dosen pembimbing.

“Mahasiswa menyebar ke setiap RW lalu membentuk tim yang ditempatkan ke masyarakat yakni melihat kondisi kesehatan terkini di masyarakat,” kata Nurmalita, Jumat (22/8).

Untuk diketahui, Program studi DIII Kebidanan tersebut terdapat mata kuliah kebidanan komunitas, dimana masyarakatnya bisa langsung juga turun secara nyata tentang kesehatan kemasyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini memberikan pelayanan secara nyata kepada masyarakat khususnya kesehatan ibu bayi dan anak. Tindakan-tindakan yang kita lakukan itu ada preventif sama promotif khususnya,” tuturnya.

Baca Juga  Cegah Covid, Pemkab Sukabumi, Prioritaskan APD dan Imunitas Masyarakat

Selain itu, sambung Nurmalita, kegiatan ini juga mengaktifkan peran serta masyarakat dari mulai tokoh agama, tokoh masyarakat, Kader ibu PKK, RT, RW, Karang Taruna, mereka semua kita ajak untuk peran aktifnya supaya sama sama di desa ini kesehatannya terbangun.

Sementara, Ketua Tim PKL RW 02, Vina, menyebut setiap tahun pihaknya kerap turun melaksanakan PKL ke desa-desa. Menurut dia, tahun lalu dilaksanakan di Desa Pasirbuncir dan untuk tahun ini di Desa Cinagara.

“Mahasiswa turun dari mulai RW 01 hingga 07 yang tujuannya membantu masyarakat dari mulai pendataan dan sebagainya, lalu terakhir bersama musyawarah. Kemudian sampaikan ketingkat desa terkait data kesehatan di masyarakat.

Baca Juga  Bupati Bogor Diminta Tertibkan Stasiun dan Bangun SMP Negeri Cilebut

Terkait hal itu, Ely Kader Desa Cinagara mengaku bangga dengan kedatangan para mahasiswa Poltekes Kemenkes Jakarta. Pasalnya dengan kegiatan itu dirinya dapat menimba pengalaman.

“Kegiatan ini kami lihat sangat positif, para mahasiswa membantu warga kami, apalagi terkait hal kesehatan. Sehingga dapat menambah wawasan dan pengalaman terutama terkait gizi kesehatan di masyarakat.” tukasnya. (frans/bas).

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *