Desa Miliki Tanggung Jawab Besar Kelola Keuangan Sesuai Ketentuan.

oleh -137 views

TRANSMETRO.SUKABUMI – Bintek peningkatan kapasitas kepala desa, perangkat serta Badan Permusawarahan Desa (BPD) oleh DPK Apdesi di ikuti oleh tujuh dari delapan desa se-kacamata Cidahu, Kabupaten Sukabumi di aula Hotel Augusta Cikukulu, Jalan Raya Cikukulu Cicantayan, Sukabumi, Sabtu(21/12/2019).

Setidaknya 150 perangkat desa dan BPD dari tujuh desa sekecamatan Cidahu mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas oleh DPK Apdesi di hadiri Kepala DPMD, Kabag Op Polres Pelabuhanratu, Inspektorat dan Camat Cidahu.

Ketua DPK Apdesi Kecamatan Cidahu, Iwan Gunawan mengatakan, kegiatan ini bersumber dari dana desa. Tujuannya agar pemerintah desa mampu mengelola sumber anggaran yang sesuai ketentuan. Sebab, desa menerima anggaran cukup besar dan pengawasannya begitu ketat sehingga desa memiliki tanggung jawab dalam mengelola keuangan agar tidak berbenturan dengan hukum.

“Dari bimtek ini seluruh desa di Kecamatan Cidahu memahami ketentuan sehingga tidak terjerat ke ranah hukum. Saya juga berharap kebersamaan antar desa ini terus terjalin.” ujar Iwan.

Selain dari pada itu pihaknya juga meminta sinergitas antar desa terus dijalin dengan baik. Sepertinya halnya bimtek ini baru diikuti oleh tujuh desa yakni Babakanpari, Pondokaso Tengah, Pondokaso Tonggoh, Jayabakti, Pasirdoton, Girijaya dan Cidahu.

“Saya berharap kedepannya sinergitas antar desa terus terjalin dengan baik. Dengan begitu setiap desa bisa saling membantu dalam berbagai hal,” harapnya.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana mengatakan, bimtek peningkatan kapasitas perangkat desa dan BPD yang digelar DPK Apdesi Kecamatan Cidahu patut diapresiasi. Selain mampu melaksanakan secara bersama juga menghadirkan nara sumber yang berkompeten sehingga diharapkan kedepannya desa mampu menjalankan amanah undang undang dengan baik.

Pihaknya juga mengapresiasi Pilkades serentak di Kecamatan Cidahu yang telah berkontribusi begitu baik dimana hingga kades terpilih dilantik dan dilaksanakan serah terima jabatan tidak ada permasalahan.

“Saya memberikan spresiasi bimtek ini dan berharap perangkat desa juga BPD memahami ketentuan sehingga pemerintah desa tidak terjerat hukum. Pokonya bimtek ini harus ada perubahan signifikan.” Tandasnya.

Reporter : Rawin

Editing. : Pajar Giasa

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *