F-PKB : Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Harus di Inovasi

oleh -155 views

Foto : Aang Erlan Hudaya

SUKABUMI.TRANSMETRO,-Frakai Partai PKB DPRD Kabupaten Sukabumi berharap agar pemerintah daerah dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah harus melakukan inovasi melalui perbaikan dan penyempurnaan sistem informasi dan teknologi perpajakan.

Hal tersebut disampaikan sekretaris fraksi PKB Aang Erlan Hudaya, ketika menyampaikan pandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD tahun 2020, di paripurna dewan, baru-baru ini.

“Harus ada inovasi untuk perbaikan dan penyempurnaan sistem informasi dan teknologi perpajakan untuk terus meningkatkan rasio pertumbuhan ekonomi dalam rangka mengoptimalkan pajak dan retribusi daerah, ” kata dewan asal daerah pemilihan (dapil) dua itu kepada forum rapat.

Menurut Aang, pemerintah daerah harus melakukan kegiatan pemungutan atas pajak dan retribusi daerah tersebut. Dan pemungutan tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan mulai dari penghimounan data objek dan subjek pajak dan retribusi.

“Penentuan besarnya pajak atau reyribusi yang terutang sampai kegiatan penagihan pajak atau retribusi kepada wajib pajak atau wajib retribusi serta pengawasan dalam penyetorannya harus dengan berbasis teknologi,” jelasnya.

Selain itu, masih kata Aang, hal itupun juga tentunya harus berpedoman kepada Undang-Undang no28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah dan peraturan pemerintah no97/2012 tentang retribusi pengendalian lalulintas dan retribusi perpanjangan izin memperkerjakan tenaga kerja asing. “Pasti, semuanya harus sesuai dengan ketentuan,” ungkapnya.

Reporter :Ade Sutisna

Editing : Ade Sutisna

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *