Muspika Bersama Ormas Kalapanunggal Sikapi Bank Emok

oleh -229 views

SUKABUMI, Muspika Kecamatan Kalapanunggall Kabupaten Sukabumi, beserma Organisasi Masyarakat (Ormas) Kalapanunggal menggelar pertemuan dalam menyikapi perihal rentenir alias Bank Emok dan Bank Keliling yang meresahkan

Pertemuan ini dilakukan untuk mencari solusinya dalam penanganan hal tersebut di masyarakat, dan diduga warga terperangkap dalam hutang ke bank tersebut

Maka Muspika Kalapanunggal bersama Ormas Selasa,(17-12-2019) mengadakan pertemuan di Ponpes Aljabhatul Islamiyah Kp. Pojok Desa Palasari Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi untuk cari jalan dan solusi terkait masalah tersebut

Hal ini seperti disampaikan Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kalapanunggal, Ustad Ujang Sobandi, Menurutnya, “Dirinya sering mendengar keluhan korban dari praktek riba tersebut.

diantaranya hubungan yang tidak harmonis antara suami dan istri, yang lebih parah lagi dia mendengar ada yang tidak sanggup membayar hutang riba tersebut, dibayar dengan dirinya dan saat ini banyak lembaga keuangan yang berkedok syariah dan dalam kenyataan nya jauh dari syariah Ucapnya.

Ketua Front Pembela Islam ( FPI ) Kecamatan Kalapanunggal H. M.agus Harimukti mengatakan harus ada solusi cepat untuk permasalahan tersebut besok kita akan pasang baliho di setiap wilayah yang berisikan Bank emok atau bank keliling dilarang masuk ke kampung kami bila perlu saya akan tongkrongi untuk mempersempit para pemberi hutang riba tersebut.

Camat Kalapanunggal, Arif Solihin, Menghimbau kepada siapapun, bahwa saat ini jangan sampai ada yang melakukan aksi swiping atau apapun yang bersifat anarkis , tegasnya.

Lanjut Camat, Biarkan nanti pihak kami mengundang para kepala Desa se Kecamatan Kalapanunggal untuk meminta laporan, lembaga keuangan apa saja yang masuk ke kecamatan kalapanunggal, dan siapa saja nasabah nasabahnya, nanti kita akan pertanyakan legalitas lembaga keuangan atau koperasi tersebut, ijin-ijnnya

dan jika nantinya ditemukan lembaga keuangan tanpa ijin yang lengkap biar nanti pihak kepolisian yang menindaklanjuti sesuai fungsinya.

Lanjut Arif Solihin, nanti kita akan kerjasama dengan Desa UPK, maupun Bundes untuk solusi masyarakat yang terjerat hutang riba Pungkasnya.

Reporter : Fauzan

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *