Pemkab Diminta Ajukan Penambahan Blanko e-KTP ke Kemendagri

oleh -143 views

TRANSMETRO.SUKABUMI.-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi harusnya dapat mengajukan permohonan penambahan blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) ketika hanya dijatah 500 blangko. Pasalnya, kebutuhan cetak KTP-el sangat tinggi.

“Seharusnya sih pemkab bisa mengajukan tambahan blangko KTP-El sebesar 5 ribu per-bulan. Sehingga jatah ke setiap unit wilayah tidak hanya 25 blangko, ” kata Kepala UPTD Kependudukan Wilayah Cicurug, Sobari, ketika ditemui dikantornya, Selasa kemarin.

Jadi, menurut nya, Pemkab bersama DPRD Kabupaten Sukabumi, dapat melayangkan permohonan secara resmi kepada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Meskipun setiap kota/kabupaten hanya dijatah 500 blangko KTP-El.

“Jadi pengajuan tersebut, adalah merupakan wujud dari usaha dan upaya Pemkab Sukabumi untuk memenuhi permohonan masyarakat,” ungkapnya.

“Karena, sambung Sobari, di wilayahnya saja, setiap harinya tak kurang 50 pemohon yang masuk untul dibuatkan KTP-el. Jadi, saya pikir wajar, kalau pemkab sukabumi mengajukan penambahan pasokan blangko KTP-el, sebab warga sukabumi ini juga banyak, ” tandasnya.

Sobari juga menjelaskan, banyak pemohon KTP-El yang berstatus print ready record (PRR) atau sudah melakukan perekaman namun belum dicetak sudah mencapai ribu orang. Itupun, kata Sobari, belum termasuk warga yang mengajukan KTP-El karena rusak dan hilang. “Kalau cuma dapat jatah 25 per bulan itu gimana mau membaginya?,” keluhnya.

Saat ini, Sobari menjelaskan, pihaknya benar-benar kekurangan untuk mencetak KTP-El. “Sekarang sudah tidak ada yang namanya stok,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Oetje menjelaskan, mereka telah memperoleh surat keterangan (Suket) sementara. Ia menjelaskan, Suket juga memiliki fungsi yang sama dengan KTP-El. Sehingga, masyarakat dapat memanfaatkan Suket sebagai pengganti KTP-El. “Tapi mau sampai kapan,” tandasnya.

Reporter : Ade S

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *