Budi Daya Ikan Gabus Jadi Unggulan

oleh -629 views

TRANSMETRO.ID BOGOR
Ciseeng;
Keberhasilan budi daya ikan air tawar terutama jenis ikan gabus, sepertinya masih sangat sedikit karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi. Namun kelompok tani budi daya ikan gabus ‘Mina Gabus Poncol Sejahtera’ yang berlokasi di Kampung Poncol Desa Ciseeng, mampu membuktikan keberhasilan usaha budidaya jenis ikan gabus.

Menurut Mamat Macho (42), selaku Ketua kelompok budidaya ikan gabus, keberhasilan tersebut dapat diraih selain hasil kerja keras dan pengalaman, juga karena dukungan penuh dari sejumlah instansi seperti Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Bogor, Pusat Riset Perikanan (Pusrikan), Balai Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“ Dukungan dari para peneliti dan instansi terkait telah membantu kami memperlancar budi daya ikan gabus. Sehingga hasilnya semakin banyak dan pendapatan kami juga meningkat,” paparnya, Selasa (21/01/20).

Mamat menjelaskan, hampir 8 tahun lalu dirinya terjun dalam bidang budi daya ikan gabus. Sebagaimana diketahui jenis ikan ini sulit dikembangkan, namun sejak 2011 harapan mulai timbul saat ada para peneliti yang membantu memberikan bibit ikan gabus unggulan.

“Selain bibit yang berkualitas, para peneliti mengajarkan membuat pakan yang bagus dengan biaya murah, sehingga dari situ mulai ada harapan untuk terus menggeluti budi daya ikan gabus hingga sekarang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini kelompok tani yang diketuai dirinya telah mampu membudidayakan puluhan ribu bibit ikan gabus. Keberhasilan budidaya itu, sambungnya, telah mampu menambah penghasilan para peternak ikan. Hingga omset yang dihasilkan mencapai 8 hingga 9 Juta rupiah perbulan.

“Pangsa pasar ikan gabus juga sangat bagus dan harga jualnya juga sangat tinggi. Saat ini, selain bisa menjual bibit ikan gabus beragam ukuran, kami menjual ikan gabus ukuran konsumsi serta ikan gabus indukan. untuk ikan gabus konsumsi harga jualnya bisa mencapai 60 ribu per kilogram,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Babakan Kecamatan Ciseeng, Afendi mengaku bangga dengan keberhasilan kelompok budidaya ikan gabus Mina Gabus Poncol Sejahtera yang ada di wilayahnya tersebut. Dia mengungkapkan, keberhasilan ini akan menjadi contoh yang baik bagi para petani ikan di wilayah Desa Babakan dan Kecamatan Ciseeng sekitarnya, yang memang telah ditetapkan sebagai kawasan minapolitan.

“Hampir 30 persen warga Desa Babakan menjalani usaha budidaya ikan. Ada berbagai jenis ikan konsumsi dan ikan hias, sehingga mampu meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat desa sesuai kapasitas dan kemampuan yang ada, ” ungkapnya.

Reporter : Iwan Setiawan
Redaktur : Didi Sukardi

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *