Kemana Ciasmara Alokasikan Bonus Produksi ?

oleh -337 views

BOGOR.TRANSMETRO.- Pamijahan:
Kemana Ya, Pemerintahan Desa Ciasmara mengalokasikan dana dari bonus produksi (BP) sebesar lebih dari 1 milyar, tepat. 1.072.261.117 Rupiah dari Star Energy atau Chevron?

Pertanyaan tersebut ahirnya terjawab karena dana BP yang diterima oleh pihak Pemerintahan Desa Ciasmara seluruhnya akan dialokasikan untuk pembelian lahan basah yang nantinya akan dijadikan sebagai tanah kas Desa, tanah ini nantinya akan dijadikan sebagai lapangan atau keperluan lain.

“Saya serahkan kembali kepada warga melalui Musyawarah Desa (Musdes), dan kami selaku pihak pemerintahan akan menggunakan anggaran BP tersebut sesuai hukum dan aturan yang berlaku, sehingga apabila dikemudian hari ada yang mempertanyakan anggaran ini, bisa di pertanggung jawabkan dan tidak memberatkan kami sebagai pihak pemerintahan Desa,” tegas Junaedi, Kepala Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Rabu (22/1).

Dari isu yang beredar, menurut Junaedi anggaran Dana Bonus Produksi tahun 2019 yang akan diterima oleh pihak Desa Ciasmara terkena peraturan SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran – Red), tapi pada kenyataannya ternyata Anggaran Dana Bonus Produksi sama sekali tidak hilang atau dibatalkan oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor.

Ahirnya Pemdes Ciasmara, sesuai dengan hasil Musdes Khusus, positif membeli lahan basah seluas kurang lebih 4628 meter persegi dari H Rali (Selaku pemilik tanah) terletak di Kp Kebon Alas II (Kebon Alas Lebak) Rt 01/08 Desa Ciasmara dan langsung melakukan pengukuran tanah tersebut.

Tanah ini sudah positif akan dijadikan lapangan atau keperluan lain berupa tanah kas Desa, meskipun belum melakukan transaksi (akad jual beli) secara resmi oleh kedua belah pihak, dikarenakan untuk transaksi pembelian lahan akan dilakukan nanti setelah ada Tim Appraisal.

“Pihak Desa harus membuat pengajuan yang kedua agar anggaran Dana yang kedua tersebut bisa cair, dan kepada seluruh warga Masyarakat Desa Ciasmara sekarang tidak perlu lagi risau atau gelisah dengan rumor atau isu yg beredar bahwa anggaran dana tersebut kena SILPA, buktinya anggaran dana ini bisa kita gunakan untuk pembelian lahan basah sesuai kesepakatan bersama di Musdes Khusus yang telah dilakukan kemarin,” pungkas Daday Atmaja, Sekretaris TPK Desa Ciasmara.

“Kami dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bogor sengaja hadir ikut melakukan pengukuran tanah agar hasilnya resmi dan akurat. Selanjutnya akan dibuatkan sebuah sketsa gambar tanah untuk diberikan kepada TPK (Tim Pelaksana Kerja -Red) Desa Ciasmara,” tutur Nadi, Petugas Ukur BPN.

Dilihat dari sisi Geografis letak tanah ini sangat strategis sekali untuk dijadikan sebagai lapangan atau untuk keperluan fasilitas umum warga masyarakat Desa Ciasmara, dan semua pihak merasa yakin kalau tanah ini cukup memenuhi syarat.

Reporter : Eldi

Redaktur : Didi S

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *