Preside Jokowi Kunjungi Korban Bencana Kabupaten Lebak

oleh -276 views

LEBAK.TRANSMETRO,-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) Kunjungi lokasi Korban Bencana Kabupaten Lebak Banten

Kunjungan ini, langsung ketiga loksi kecamatan, yaitu Kecamatan Cipanas, Lebakgedong dan Sajira. kehadiran orang nomor satu di indonesia tersebut,

disambut juga Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, di Pondok Pesantren Modern Latansa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Selasa (07/01/2020).

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan tersebut mengatakan,” Dampak bencana banjir bandang dan longsor karena perambahan hutan dan penambang emas secara ilegal,

oleh karena itu Presiden Jokowi meminta kepada Gubernur Banten dan Bupati Lebak untuk segera menghentikan aktivitas tersebut.

“Jangan sampai hanya untuk keuntungan beberapa orang, tetapi dampaknya merugikan banyak orang hingga terjadinya banjir bandang dan longsor,”kata Presiden yang didampingi Gubernur Banten dan Bupati Lebak, di Ponpes Latansa Cipanas, Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengatakan, ada sebanyak 30 jembatan penghubung yang sangat penting, yang rusak, untuk menghubungkan antar desa dan antar wilayah. Untuk itu pihaknya telah menyampaikan ke Kementrian PU untuk segera diselesaikan.

“Diperkirakan 3 hingga 4 bulan jembatan-jembatan tersebut dapat diselesaikan, termasuk 19 sekolah yang terdampak, pihaknya telah menyampaikan kepada Kemendikbud untuk segera memperbaiki,”katanya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan berdasarkan data, akibat banjir bandang, rumah yang rusak sebanyak 1410 unit.

“Jika data dilapangan sudah lengkap, maka akan direlokasi, karena melihat dengan kondisi banjir yang memungkinkan pemukiman warga untuk direlokasi, namun terkait dimana lokasinya, Gubernur dan Bupati yang mengaturnya, ”Pungkasnya

Usai mengunjungi Ponpes Latansa Cipanas, Jokowi bersama rombongan mendatangi Posko Pengungsian di Kampung Cikomara, Desa Banjar Irigasi, Kecamatan Lebak Gedong.

di Posko tersebut, Jokowi memberikan semangat kepada para korban bencana alam dan memberikan bingkisan bagi masyarakat yang terdampak bencana, sekaligus memberikan buku tulis bagi anak-anak siswa SD di posko pengungsian tersebut.

Berdasarkan rangkaian acara kunjungan Jokowi ke Kabupaten Lebak, Presiden Republik Indonesia juga akan mengunjungi Jembatan permanen yang terputus di Kecamatan Sajira, dilanjutkan dengan mengunjungi pengungsi di posko utama Sajira dan bertolak ke Pusdiklatpur Ciuyah untuk kembali ke Jakarta menggunakan Hellycopter.

Reporter : Adhen / Black

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *