FPPLP dan Koalisi Ormas Bersatu Palabuhanratu Rencanakan Unjuk Rasa ke PLTU

oleh -333 views

SUKABUMI.,- Forum Pengusaha dan Pekerja Lokal Palabuhanratu (FPPLP) dan Koalisi Ormas Bersatu (KOB), berencana mengadakan aksi unjuk rasa ke PLTU-2 Jabar Selatan, di Kampung Cipatuguran, Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut salah satu pengusaha Sub Kontraktor PT. Karya Delima Persada (KDP), Iwan Gunawan, menyebutkan. Untuk melaksanakan hak dan tanggungjawab perusahaan yang di rugikan,

oleh para pengusaha yang di duga telah berbuat curang dan lalai dalam menjalankan kewajibannya. Perlu kiranya dilakukan tindakan moral sosial, demi memperoleh informasi yang jelas.

Tindakan ini dilakukan bukan serta merta, akan tetapi upaya sebelumnya ditempuh dengan cara normatif, hingga saat ini tidak ada titik temu. Bahkan seolah-olah para pihak terkait, terkesan acuh dan tidak mau bertanggungjawab. Padahal sudah dituangkan dalam nota kerja sama dan kesepakatan kontrak.

Baca Juga  Kuasa Hukum Tergugat Sengketa Waris Tanah di Palabuhanratu Ajukan PK ke Mahkamah Agung

Berdasarkan kronologis awal dari permasalahan yang terjadi, PT IP ,selaku pengelola Operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)-2 Jabar Selatan, Palabuhanratu.

Menunjuk PT WS selaku Man Kontraktor pembangunan Gedung Dermitory IP PLTU Palabuhanratu. Pihak PT WS mengadakan kerjasama dengan Sub Kontraktor lokal CV. KMM dan PT. KDP.

Namun dalam perjalanan sampai tahun 2014, mengalami permasalahan pembayaran dari Mankon PT WS kepada CV. KMM dan PT KDP. Dengan jumlah tunggakan tagihan sebasar Rp 2,1 Miliar lebih.

Sejak Tahun 2015 semua permasalahan yang timbul,sudah di ketahui oleh IP pusat dan sempat di mediasi pihak tetkait,bahkan kasus tersebut sempat mencuat sampai kejaksaan Agung.Namun sampai saat ini,tidak ada penyelesaian secara konkrit, jelas Iwan.

Baca Juga  Ratusan ODGJ Datangi Kantor DPRD Kabupaten Sukabumi

Selaku pengusaha lokal yang merasa di dholimi,melalui FPPLP dan KOB, pihaknya berencana pengadakan unjuk rasa terkait permasalahan di maksud, kepada pihak Indonesia Power PLTU Palabuhanratu.

Menanggapi rencana aksi unjuk rasa ke PLTU Palabuhanratu, H.Dede Ola, selaku pengusaha lokal dan pembina Koalisi Ormas Bersatu, membenarkan rencana tersebut. Namun pihaknya minta, agar di laksanakan seauai aturan dan berjalan dengan tertib, harapnya.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *