Kecamatan Kalapanunggal Gelar Pestival durian dan buah lokal.

oleh -303 views

Ketua Panitia Festival Buah Durian Ujang Hamdani, Senin (24/02/20)

SUKABUMI,TRANSMETRO,-Pemerintah Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi menggelar festival buah durian lokal di Kampung Babakanjaya Desa Gunung Endut Kabupaten Sukabumi dari mulai Senin 24 s/d Sabtu 29 Pebruari 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para petani durian di wilayah setempat, khususnya para petani buah durian, agar hasil pertaniannya bisa lebih meningkat dari sebelumnya

Sehingga wilayah ini dapat dikenal kedaerah luar di Indonesia. karena kualitas durian disini diakui lebih baik, enak dan manis rasanya dibanding dengan durian durian ditempat lainnya. Jelas Ketua Panitia Festival Durian Ujang Hamdani Kepada Transmetro Senin (24/02/20)

Ia menambahkan,”Saya mengambil tema festival buah durian ini, untuk mengangkat potensi daerah dan para petani buah durian di wilayah.

Baca Juga  Guna Mengurangi Sampah Plastik,Pemkab Sukabumi Gulirkan Program Bestari

Lokasi Stan-stan Festival buah Durian, dari Senin 24 hingga Sabtu 2902-2020

apalagi saat ini, potensi penghasil buah durian dari tiap tiap desa sudah bisa diandalkan, bahkan hasil panen pun, sudah bisa ikut dipamerkan disini,

Dan panitia telah menyediakan Stan- stan untuk mempromosikan hasil panen yang ada di desa masing- masing se-wilayah Kecamatan Kalapanunggal.

“sekarang sudah saatnya, untuk mengadakan training miniatur yang nantinya bisa untuk pesta rakyat yang lebih besar lagi,” Ungkapnya.

“Kalau saya perhatikan, Lanjut Ujang.” biasanya hasil panen durian itu kebanyakan dari wilayah lain seperti Kota Bogor, seperti durian Cihideung Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor,Terus Ciambar Pelabuanratu.

Sementara hasil buah lokal di wilayah kami tidak terangkat, maka dari pengalaman ini, kami ber-inisatif mengadakan acara ini untuk memotivasi para petani disini untuk dapat meningkatkan hasil buah durian lokal kita, jelasnya.Sebab durian disini memiliki nilai jual yang lebih baik dan bisa bersaing dengan daerah lain, samping kami mengadakan bazar murah, yang tiada lain untuk mempamerkan hasil karya putra daerah, yaitu desa-desa di Kecamatan Kalapanunggal, dimana untuk masing-masing desa, panitia telah menyediakan Stan-stan untuk di pamerankan,

Baca Juga  11 Pelajar Tauran Libatkan Empat SMP, Diamankan Polisi

baik hasil kerajianan masyarakat atau yang lainnya, mereka bisa berbagi kerajinan yang dihasilkan putra daerah yang akan dijual. Jadi Stan itu, seperti hasil kerajinan tangan tanaman bonsay, bunga pelastik dan lainya,

semua itu dijual kepada pengunjung dimana dari hasil penjualan itu di kumpulkan untuk keperluan adminitrasi dan selain itu penilaian dari juri kepada pemilik Stan dari omset penghasil yang tertinggi.
yang nantinya bisa dikembangkan untuk kegiatan berikutnya.

selain itu juga digelar perlombaan kontes dengan acara ber’utan dari mulai Hari Selasa 25 s/d Sabtu 29 Pebruari 2020,

Seperti lomba makan durian, lomba olah durian, lomba makan durian sepuasnya dan banyak lagi perlombaan lainya Pungkasnya.

Baca Juga  Satgas Yonif RK 744 Gagalkan Penyelundupan Kayu Cendana dan Kembang Api

Reporter. : Olan

Redaktur : Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *