Terbentuknya P3RS, Rasa Terima Kasih, Diucapkan Ke Pemkab Sukabumi, Ketua DPRD dan Ketua Komisi,

oleh -1K views

Foto Bersama Pengurus P3RS Usai Melaksanakan Deklarasi, Jum’at (28/02/20)

SUKABUMI,TRANSMETRO,-Sekitar 800 ratusan penambang yang tergabung dalam DPC. Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Kabupaten Sukabumi, membentuk Paguyuban Peduli Penambang Rakyat Sukabumi (P3RS). di Hotel Karangsari, Jl. Raya Cisolok, Km.3 ,Gunungbutak, Kota Palabuhanratu, Jum’at (28/02/20).

Ketua Collektive Responsible Mining (CRM), Dede Kusdinar alias Dede Oding, menyebutkan. Tahapan legalitas menuju Wilayah Penambangan Rakyat (WPR), ada hak kami selaku warga negara, untuk mengajukan ijin penambangan rakyat.

Maka legalitas tambang rakyat akan tercipta di kabupaten Sukabumi. dengan alokasi deposit yang cukup besar, tidak terjadi benturan dengan pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) ataupun dengan Pemegang Ijin Usaha lainnya.

Peserta Deklarasi saat mendengarkan arahan Ketua DPC APRI Kabupaten Sukabumi, Cecep Taryana, di Aula Hotel Karangsari, Jum’at (28/02/20)

Pada kesempatan hari ini kami pun bergembira, dengan adanya dukungan dari para tokoh di 5 kecamatan. baik itu dari kecamatan Simpenan, Lengkong, Ciemas, Waluran dan Jampang Kulon.

Baca Juga  Camat Purabaya Pimpin Musrembang, Ajak Perusahaan Berkontribusi Dalam Membangun

Mereka menyatakan sebuah dukungan, dengan bukti membuat sebuah kelembagaan berupa P3RS. Wadah ini yang kami harapkan, karena kami beranggapan hanya sebagian penambang menggantungkan hidup. Agar hidup lebih aman, dibawah sebuah legalitas.

Ternyata dengan proses yang begitu panjang, munculah bentuk kepedulian dari para tokoh di 5 kecamatan. Tentu merespon baik, apa yang telah dilakukan Bupati Sukabumi.

Dalam statemennya mengusulkan WPR di 5 kecamatan tersebut. dengan respon mendukung upaya orogram Pemerintah Daerah, dengan menjaga kondisifitas wilayah masing-masing. Dari gangguan sosial maupun ketimpangan ekonomi.

Para tokoh ini muncul sebagai fasilitator penyelesaian masalah, baik di wilayah penambangannya maupun sisi sosial, apabila di kemudian hari timbul masalah. disamping warga penambang berharap mensejahterakan keluarganya,

Baca Juga  Sopir Bus di Tes Urine di Terminal Cibadak

bahkan ada pemikiran untuk memberikan kontribusi nyata berupa sumbangan yang tidak mengikat terhadap kas pemerintah daerah,di luar pajak yang di bayarkan.Untuk pembangunan wilayah desa sekitar tambang,

sebesar 1 gram emas pertahun dengan konvensi uang sebesar Rp.20.000,00 atau 20 Kg emas per tahun,yang bisa di realisasikan para penambang,tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Apri Kabupaten Sukabumi, Cecep Taryana, mengatakan. Hal ini sangat sinergis, dimana seolah-olah masyarakat tambang ini terpisah dari yang lain.

Hari ini kita ketahui semua,bahwa penambang bisa bersinergis. Dengan adanya komitmen para tokoh yang tergabung di P3RS, tentunya menambah keyakinan kami, kita mampu berkontribusi, berbuat sesuatu terhadap pembangunan daerah.

Ketua CRM, Dede Kusdinar (berbaju coklat) di dampingi Ketua DPC. APRI, Cecep Taryana, saat jumpa Pers, usai deklarasi

Jadi terlepas masyarakat penambang tidak bisa berdiri sendiri dengan para tokoh,bisa memberikan kontribusi lebih. Kami pun ingin menyampaikan terima kasih, kepada Pemkab Sukabumi,

Baca Juga  Perusahaan PT.Cs2 Pola Sehat Mengadakan Ravid Tes Pada Karyawan

Ketua DPRD, para Ketua Komisi, karena sudah mendukung perjalanan kami. dan secara komitmen, Pemkab Sukabumi mendorong 5 wilayah kecamatan, untuk menjadi wikayah Pertambangan Rakyat.

Juga kepada pihak-pihak yang ada di provinsi, Pusat dalam hal ini Bapak Presiden, yang telah mendengar kami. Melalui Mensetneg, meminta Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar rapat.

Dengan kesimpulan Penambang Rakyat di seluruh Indonesia, akan memberdayakan warga sekitar, dengan hasil tambang bisa melebihi PT. Pree Port,Ungkapnya.

Terpisah Ketua P3RS, Suyatna, selaku Ketua terpilih akan segera mengadakan konsolisasi internal, Sebutnya.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *