SDN Balandongan 1 dan 2, Terapkan Budaya Sunda, Berharap Pemkab Lestarikan

oleh -518 views

Kepala Sekolah SD Negeri Balandongan 1 dan 2. Dulah S.Pd.

Foto istimewa : Olan

SUKABUMI.TRANSMETRO,.-SD Negeri Balandongan 1 dan 2 Desa Bojonglongok Kec. Parakansalak Kab. Sukabumi Jawa Barat, terapkan sistim melestarikan Budaya Sunda, di Hari Jadi Mieling Bahasa Sunda (21/02/20).

Hal tersebut dilakukan, mengingat kecintaan masyarakat akan Budaya Sunda sudah semakin tipis, padahal kebudayaan ini ialah merupakan warisan asli leluhur orangtua kita, Jelas Kepala Sekolah SD Negeri, Dulah S.Pd. Kepada Transmetro, di ruang kerjanya.

Lanjut Dulah, yang menjadi pertanyaan, ialah herannya budaya kita ini, malah lesteri di negeri asing, seperti Jepang, Belanda dan negara lainnya imbuhnya.

Siswa-siswi sedang antri di Sekolah di SD Negeri 1 dan 2

Foto : Istimewa :Olan

Baca Juga  Pemdes Tonjong Bentuk Tim Relawan, Siap Lawan Covid 19

Kerennya lagi sering ditampilkan di depan umum seperti, Pencasilat, Tari Jaipongan, bahkan diacara kenegaraan kemungkinan ada nilai kekaagungan bagi orang itu, tetapi kanapa didaerah asal kebudayaan sunda ini semakin menurun. tuturnya.

Duloh pun menambahkan, Dalam kesempatan ini, di Hari Jadi Mieling bahasa Indung ini, Pemerintah Kab. Sukabumi menyelenggarakan berbagai acara yang bernuansa budaya sunda dan mengintruksikan kepada seluruh pendidikan Sukabumi, yang ada di Kab.Sukabumi untuk melaksanakan (ngamumule) budaya sunda ini.

Maka dalam rangka melestarikan itu, (mieling bahasa indung). berbagai kegiatan yang bernuansa budaya sunda di laksanakan,

seperti hari ini rangkaian kegiatan ini, pagi-pagi kita melaksanakan solat duha bareng. Siswa berkumpul di lapangan sambil memberikan salam satu persatu kepada para guru.

Baca Juga  Dispusipda Kota Sukabumi Kenalkan Layanan OCAS, layanan Katalog Buku Online

Kemudian melaksanakan kegiatan bersama senam parahyangan. Nonton bareng Film potret Giopark. Kab. Sukabumi. dilanjutkan permainan khas budaya anak anak sunda, permainan Engrang yang dibuat dari Bambu, Conglak, Galah, Bebentengan, main Utik karet dan selain permainan ada sajian khas sunda yang di buat oleh siwa dan para orang tuanya.

seperti makanan,: Combro, Getuk. sepan cau, sepan boled. kue ali. para orangtua dan dewan guru bekerja sama dalam rangka kecintaan terhadap budaya sunda ada makanan yang di sajikan itu, kembali untuk para siwa. dalam melaksanaan kegiatan ini semua merasa bahagia ada nuansa kekeluargaan.

Harapan Saya kedepan Kata Dulah, mengucakan banyak terima kasih, kepada dewan guru dan para orang tua siswa yang sudah bersama sama melaksanakan kegiatan ini dengan sukses dan lancar.

Baca Juga  Peringati Hari HAM, Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Perkuat Komitmen Pemenuhan Hak Asasi

Lanjutnya, kepada pemerintah kabupaten sukabumi saya berharap semoga acara meiling budaya sunda ini di laksanakan rutin setiap satu tahun sekali. Karena dengan ngamumule bahasa dan budaya sunda ini saya sebagi masyrakat sunda merasa bangga masih banyak orang sunda yang masih perduli. Paparnya.

Reporter : Olan

Redaktur : Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *