Akibat Guyuran Hujan, Sejumlah Pohon dan Rumah Ambrol

oleh -294 views

Akibat Hujan dan Angin Kencang Pohon Samping Kec.Palabuhanratu Tumbang, Menimpa Smoking Area Rabu, (04/03/20).

SUKABUMI,TRANSMETRO,-Satu Pohon Kalujaran depan Kantor Kecamatan Palabuhanratu, merobohkan satu unit bangunan Smoking Area dan 3 Unit Sepeda Motor tertimpa yang berada di sekitarnya, pada Rabu, (04/03/20).

Sementara dua bangunan rumah warga di Kampung Kebon Jeruk RT 04/08, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, ikut ambruk tergerus air aliran Sungai Cigangsa, pada Kamis (05/03/20) pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Rumah ambruk tersebut, masing- masing, milik Rengga dan Inang. bangunan tersebut berada di sepadan sungai. Akibat insiden itu, bagian dapur, kamar mandi, dan tembok Penahan Tanah (TPT) ambruk tergerus air sungai.

Baca Juga  Intermezo Tjandra FM HARI BHAKTI PU ADAKAN UPACARA DAN LOMBA

Rumah Ambruk milik Rengga dan Inang di Kampung Kebon Jeruk Rt 04/08 Kelurahan Palabuhanratu

Perisriwa bangunan rumah ambruk itu ini terjadi disebabkan hujan deras sejak Rabu malam hingga Kamis pagi. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa tersebut.

“Saya tidak curiga ini akan terjadi (ambruk). Kejadiannya tadi pagi saat akan beraktivitas,” kata Rengga, pemilik bangunan rumah yang ambruk.

Ia mengaku sejak sepekan lalu telah melaporkan ke kantor Kelurahan Palabuhanratu untuk mengantisipasi jika terjadi abrasi terhadap rumahnya. Namun laporan itu tidak segera direspons aparatur kelurahan.

“Sementara ini saya tidak berani menempati rumah. Khawatir ambruknya meluas ke bagian rumah lainnya,” ungkap Rengga.

Baca Juga  Ratnalisa Laboratorium Klinik dan Patologi Anatomi Bantu Wujudkan Kota Sehat¬†

Ketua RT setempat, Dadang, mengaku telah melaporkan kejadian rumah warga ambruk ke pihak kelurahan agar ditindaklanjuti dengan meninjau lokasi.

“Sudah kami beritahukan kejadian ini ke aparatur kelurahan setempat. Kerusakan rumah warga kami sekarang sedang didata tim assesmen dari (Petugas Penanggulangan Bencana Kabupaten(P2BK) dan pihak kelurahan,” tandasnya.

Sementara itu,Lurah Palabuhanratu,Deni Zulfan A,menyebutkan. Pihaknya sudah mendapatkan laporan dari Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kesos) dan staf lainnya yang berada di lokasi bencana.
“Kami sudah mendapapatkan laporan dari Kasi Kesos dan akan meneruskan ke pihak terkait di Kabupaten,” tegasnya.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *