Eksekusi Tanah Waris Depan Terminal Palabuhanratu berjalan Alot

oleh -820 views

Panitera Pengadilan Agama Cibadak Pupu Saripudin, saat membacakan berita acara eksekusi tanah, di Jl.Tangsi Raya Kidang Kencana Palabuhanratu, Kamis (05/03/20)

SUKABUMI.TRANSMETRO,- Eksekusi tanah di Jalan Tangsi Raya Kidang Kencana Rt 02/27 Kelurahan/kecamatan Pabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Kamis (05/03/20). Di lakukan Pengadilan Agama (PA) Cibadak, berlangsung alot.

Kedua belah pihak sempat beradu mulut dan argumennya masing- masing. dimana pihak pemohon eksekusi Tatang Kuswana, bersikukuh agar objek lahan dan bangunan segera di kosongkan.

Sedangkan termohon Ny. Maimunah dan Juariah, tetap memertahankan, karena sedang melakukan upaya Peninjauan Kembali (PK). Ny. Maimunah, berpendirian bahwa tanah seluas 400 persegi yang menjadi objek sengketa, merupakan hak milik peninggalan dari orangtua bernama Iya Dimaja.

Baca Juga  Presiden Tegaskan Hukum Harus Ditegakkan untuk Lindungi Masyarakat

Sekitar Tahun 1975 ada program sertifikasi tanah dari pemerintah. “kata Almarhum Bapak saya, silahkan di sertifikatkan, asalkan atas nama Iya Dimaja atau Unayah anak saya, “terangnya.

Ny. Maimunah, Pihak termohon eksekusi saat memperlihatkan surat pemberitahuan eksekusi, pihaknya tetap berpendirian bahwa tanah tersebut milik keluarganya, Kamis (05/03/20)

Ternyata setelah jadi sertifikat, tertera nama M. Udi, hal ini yang menjadi pertanyaan pihak kami dan ahli waris keluarga lainnya.

Kami sudah berupaya minta kepada pihak ahli waris keluarga Almarhum M.Udi, untuk merubah nama di sertifikat kepada nama Iya Dimaja atau Unayah.

Namun sampai sekarang, tidak pernah ada kongkritnya. Kuasa Hukum Pemohon eksekusi, Moch. Danuraeni, menegaskan. Sudah jelas dalam Pasal 66 ayat(2) Undang- Undang No.14 Tahun 1985 dinyatakan, mengandung prinsif bahwa pemohon peninjauan Kembali tidak menangguhkan atau menghentikan pelaksanaan putusan Pengadilan.

Baca Juga  Hasil Musyawarah Pemasangan Spanduk Di Cabut, Lapang Badak Putih Kembali Berfungsi

“Jadi generalisasi pemohon Peninjauan Kembali tidak menangguhkan atau menghentikan eksekusi.

Memberikan bantuan pengamanan dalam sidang dan pelaksanaan putusan Pengadilan, kegiatan intansi lain serta kegiatan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitera Pengadilan Agama Cibadak, Pupu Saripudin, menjelaskan. Dari hasil eksekusi, akhirnya pemohon Tatang Kuswana dari perwakilan pemohon, Maimunah dan Juariyah dari perwakilan termohon, menyatakkan sepakat dengan disaksikan kedua belah pihak menandatangani diatas meterai.

“Alhamdulillah kedua belah pihak sepakat, sehingga hal ini menjadi acuan dan bahan kami, yang pada intinya termohon menerima hasil eksekusi tersebut,”pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pelaksanaan eksekusi yang di kawal dengan ratusan personil keamanan gabungan dari Sat Sabhara Polres Sukabumi, Jajaran Polsek, Kodim, Sat Pol PP dan intansi terkait lainya, berjalan aman dan lancar.

Baca Juga  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kelas dan Asrama Ponpes Al – Izzah

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *