Guna Mengurangi Sampah Plastik,Pemkab Sukabumi Gulirkan Program Bestari

oleh -475 views

SUKABUMI,TRANSMETRO-Pemerintah Kabupaten Sukabumi, melalui Bidang Persampahan, pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, berupaya menekan penggunaan sampah plastik.

Upaya ini digulirkan, karena sampah plastik merupakan jenis sampah yang paling lama bisa terurai.”Kami kini tengah menggalakan pengurangan penggunaan kantong plastik,” Ujar Kepala Bidang Persampahan,Dinas Lingkungn Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, Senin (02/03/20).

Kepala Bidang Persampahan,Dinas Lingkungn Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, Senin (02/03/20).

Upaya ini di lakukan mengacu kepada Peraturan Bupati(Perbup) Nomor 81 Tahun 2019, tentang pengelolaan kebersihan, melalui gerakan Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri ( BESTARI).

Lebih lanjut dikatakannya, gerakan ini bertujuan untuk menjalin sinergitas antara Perangkat Pemerintah Daerah, Masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Sukabumi. Khususnya dalam pengelolaan kebersihan lingkungan.

Baca Juga  SMA Plus Damar Bangsa, Maknai Hari Anak Sedunia, Seperti Ini

Sebagai tindak lanjut dari Perbup Nomor 81 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri.

Bupati Sukabumi membuat surat edaran mengenai Pengurangan Penggunaaan Kantong Plastik.Dalam surat itu disampaikan penerapan larangan penggunaan kantong plastik terhitung mulai tanggal 11 November 2020.Akan diberlakukan kepada,Pusat perbelanjaan,Pertokoan modern dan
Kantor Pemerintahan.

Gerakan Sukabumi Bestari mempunyai tiga program utama, yaitu, pengurangan penggunaan kantong plastik, penetapan kawasan bebas sampah,dan pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran pengelolaan sampah.

Dengan terlaksananya program ini, Denis berharap, Gerakan Sukabumi Bestari diharapkan akan mengurangi beban sampah yang dapat mencemari lingkungan dan merubah perilaku masyarakat di dalam mengelola sampah yang ada di lingkungan tempat tinggal, pungkasnya.

Baca Juga  Plt.Bupati Cianjur, Apresiasi Kolompok Lansia Kp.Tanjung¬† Produksi Makanan

Reporter : Sopandi

Redaktur: Hepie H

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *