Musyawarah Desa ( MUSDES ) Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020

oleh -880 views

LEBAK.TRANSMETRO,-Pemerintahan Desa Hariang Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak menggelar kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) di Aula desanya setempat pada Kamis (05/03/20) dari mulai Pukul 09.00 s/d 12.00 WIB.

Terakit Musdes tersebut dibahas Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020. Yang dapat dijadikan mekanisme dalam pelaksanaan penggunaan anggaran dan merupakan instrumen penting rangka perwujudan tata pemerintahan yang baik dalam pembangunan di tingkat Desa.

Dalam rapat, Serada Umar Jai menyampaikan kepada peserta rapat dan masyarakat berhati-hatilah pengaruh Medsos dan berita – berita hoax yang pada ujungnya merugikan diri kita Sendiri,

Serda Umar Jai Juga memberikan arahan kepada peserta rapat agar selalu berhati hati menggunakan anggaran desa dikarenakan hal tersebut rawan akan kasus penyalahgunaan dana.

Baca Juga  30 Ekor Kukang Jawa Kembali Hidup Bebas di Hutan Gunung Halimun Salak 

“Jangan sampai bapak bapak menyalah gunakan dana ini dan akhirnya bermasalah dengan hukum” Tutur Serda Umar Jai.

Selain itu, penggunaan anggaran diharapkan pro rakyat sehingga rakyat bisa sejahtera dan keamanan semakin meningkat yang dirasakan oleh masyarkat.

“Kalau penggunaan dana tersebut pro rakyat, maka rakyat akan sejahtera dan kejahatan pastinya dirasakan oleh masyarakat,” Ungkapnya.

Kasi Ekbang Kecamatan Sobang, Engkos juga menambahkan,” maka pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) sebagai satu-satunya dokumen perencanaan didesa.

Setelah RKPDes sudah disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan APBDes. Untuk itu Desa Hariang mengadakan Musdes penetapan APBDes tahun 2020 yang dilaksanakan di Kantor Desa Hariang,” Tuturnya.

Baca Juga  Apresiasi Danrem 061/Sk Kepada Jajaran Kodim untuk Pelaksanaan Apel Siaga PPKM

Kepala Desa Hariang Nani Ristiani menyampaikan, “Bahwa sebagai kepala desa harus bertanggung jawab dan wajib tranparasi kepada warga mengenai anggaran.

“kita wajib untuk menyampaikan kepada masyarakat, secara transparan dan akuntabel sebagi bentuk tanggung jawab atas pengelolaan pemerintahan desa,” Ucapnya.

Ketua BPD Desa Hariang Yang Diwakili Sekertaris BPD Saudra M, Sakir Irawan biasa di panggil ( IKIN ) menyampaikan. “Anggaran dan Belanja Desa ( APBDes ) 2020 Desa Hariang hari ini,

Semoga dalam pelaksanaan penggunaan dana desa nanti diharapkan betul – betul bisa dipertanggung jawabkan dengan baik secara fisik maupun administrasi.

Sehingga dengan dana desa yang sudah disalurkan Pemerintah Pusat diharapkan bisa menjadikan perubahan keadaan desa yang lebih maju atau mengangkat perekonomian masyarakat,

Baca Juga  Jajaran Pemgurus DPD Partai Demokrat, Memdatangi Polda Jabar

yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Hariang dan bisa menikmati hasil pembangunan. ”Ucapnya.

Tokoh Pemuda Desa Hariang, Sulaeman dalam pandanagannya mengatakan,” Dianggaran perubahan nanti tolong dianggarkan dana yang terkena bencana Ringan,

Seperti rumah ketimpa pohon dan kebakaran ringan, bisa saja kita bantu menggunakan dana desa kalo itu di anggarakan, Sehingga kita tidak menunggu bantuan BPBD atau Pemerintah Kabupaten,

Terkeculi ada bencana kategori berat baru kita minta bantuanya langsung ke BPBD atau Pemerintah Kabupaten .”Ucapnya

Musyawarah tersebut dihadiri oleh Babinsa Desa Hariang, ,Kades Hariang, kasi Ekbang Kecamatan Sobang, , Perangakat Desa, BPD, LPMD, RW, RT, PKK, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat Desa Hariang.

Reporter : Lee Mans

Editing. : Aden

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *