Dampak Ekonomi Menerpa Nelayan Palabuhanratu, PPNP Bagikan Paket Sembako

oleh -79 views

SUKABUMI,TRANSMETRO,-Multy dampak sangat di rasakan sekali, khususnya para Nelayan tradisional di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Dampak ekonomi yang timbul dari sebab penerapan Social Distancing, dalam upaya pemerintah daerah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. membuat adanya pembatasan aktifitas Nelayan untuk melaut, sehingga terjadinya kehilangan pendapatan bagi Nelayan.

Hal lain, juga diperparah dengan kondisi cuaca yang kurang mendukung, mengakibatkan aktifitas melaut terganggu dan potensi hasil tangkapan ikan menurun drastis. Menurut salah seorang Nelayan tradisional asal Cisolok,

Saroji (60),menyebutkan.” Dampak ekonomi dari adanya pembatasan aktifitas akibat Virus Corona dan keadaan cuaca yang kurang mendukung, menyebabkan kondisi ekonomi nelayan terpuruk,”keluhnya

Merespon keluhan nelayan akibat dari dampak COVID-19 dan cuaca yang kurang bersahabat. Otoritas Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP), menjawabnya dengan menggelar Bhakti Sosial Peduli Nelayan 2020.

Kepala PPNP, Ir. Ririn Sugihariyati, memaparkan. Sebagai bentuk kepedulian, sekitar 200 paket sembako diberikan untuk para Nelayan tradisional terdampak.”

Dari Direktorat Jendral Perikanan Tangkap, kita bantu Nelayan kecil. Karena kebanyakan dari mereka saat ini, tidak melaut karena sejumlah dampak, baik Corona maupun cuaca buruk.

“Kita laksanakan tiga kegiatan Bhakti Sosial,pembagian paket bantuan Sosial,pemeriksaan kesehatan Nelayan dan pasilitasi bantuan pinjaman bagi Nelayan,” jelasnya.

Untuk paket bantuan Sosial kepada Nelayan, merupakan bantuan mitra pengusaha yang ada di Palabuhanratu. Selain karena dampak Virus Corona, Nelayan tidak melaut karena kurangnya tangkapan akibat cuaca buruk.

Pihaknya menghimbau, agar Nelayan selalu memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan saat melaut. Salah satunya menggunakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas melaut.

Juga upaya menanggulangan dengan penyemprotan disinfektan ke kapal-kapal Nelayan, himbaunya.

Hadir dalam kegiatan Bhakti Sosial,Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Ketua DPC HNSI Kabupaten Sukabumi,unsur TNI/Polri,serta Muspika Palabuhanratu.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *