Ketua IV Baznas, Kesadaran ASN Bayar Zakat Mal, Di Cianjur Masih Rendah.

oleh -122 views

CIANJUR.TRANSMETRO,-Wakil Ketua IV Baznas Cianjur Hilman Syaukani mengajak 13 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Cianjur untuk membayar zakat mal di bulan Ramadan penuh berkah selain membayar zakat fitrah.

Hal itu ia kemukakan karena kesadaran ASN dalam membayar zakat mal di Cianjur masih rendah. dari total ASN tersebut baru sekitar 30 persen yang rutin membayar zakat mal.

“Target zakat di bulan Ramadan Rp 14 miliar dari zakat fitrah dan Rp 14 miliar dari zakat mal, naik sekitar satu persen dari tahun kemarin,” ujar Hilman ditemui di kantor Baznas Cianjur, Jalan Raya Bandung, jumat (24/04/20).

Hilman menduga fenomena Covid-19 akan berpengaruh kepada pembayaran zakat fitrah dan zakat mal.

“Tentu pengaruhnya besar, jumlah mustahik akan mengalami kenaikan karena banyak penerima zakat baru,” katanya.

Ia mengatakan, target zakat akan tercapai kalau ASN disiplin dalam membayar zakat mal.

“Besarnya 2,5 persen sekali dalam setahun dari penghasilan, target itu akan menjadi terpenuhi kalau semua ASN di Cianjur membayar zakat mal semuanya,” katanya.

Menurutnya, dalam mendisiplinkan hal ini harus ada ketegasan dari pimpinan daerah. Ia melihat di beberapa daerah sudah dipotong untuk zakat mal langsung dari gaji mereka.

“Saat ini di Cianjur baru sekitar 4 ribu ASN yang sadar bayar zakat mal, kebanyakan guru dan tenaga kesehatan,” katanya.

Hilman mengatakan besaran zakat fitrah untuk tahun 2020 Rp 40 ribu per orang atau beras satu kulak atau tiga liter seperempat.

“Hal tersebut sudah sesuai dengan surat edaran Bupati Cianjur dimana ditentukan besaran zakat untuk Ramadan 1441 Hijriah,” katanya.

Reporter. : Yudhiestira Nugraha

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *