Obrolan di Angkot : Masyarakat Arus Bawah

oleh -175 views

Dari obrolan sederhana itulah yang justru perlu kita dengar sebab, rasanya mereka tidak punya kepentingan apapun, terkecuali tadi sandang, pangan, papan tercukupi

Oret-oretan Redaksi, Oleh Yudhiestira Nugraha

TRANSMETRO,-Naik kendaraan Angkutan Kota (Angkot) Rabu (29/04/20) kemarin, ‘ada yang menarik dan serasa diruangan diskusi atau seminar.

Padahal, hanya beberapa gelintir, masyarakat bawah, diantaranya, Sopir, Tukang Jualan jamu, dan Penumpang.

Ternyata ketiga orang tersebut mampu mengambil topik yang lagi trend saat ini yang dirasakan langsung oleh mereka. Semoga obrolan mereka bisa bermanfaat.

Obrolan dimulai dari dampak penanganan Covid 19, bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, sampai bagaimana mencari nafkah untuk membiayai anak dan istri.

“Pejabat,PNS atau pengusaha, aman. berapa lamapun tinggal di rumah. Kalau kita, bini bisa kelaparan” Kata sang sopir angkot. dalam celotehnya.

Diskusipun,semakin hangat tak kala mengangkat topik tentang “Pembebasan” para napi oleh pemerintah. Mereka, berharap para mantan napi benar benar bertobat di tengah masyarakat yang sedang prihatin saat ini. Jelasnya.

“Orang soleh di rumahkan, orang jahat dikeluarkan ” celetuk tukang jamu. ” Mestinya jangan dulu dikeluarkan walaupun sudah waktunya, entar dlsaja kalu Covid tidak ada baru tuh”. Katanya lagi.

Lanjutnya, Lebaran tahun ini, benar benar susah ya keluhnya,” Mencari nafkah sulit, Silaturahmi dianggap bawa penyakit. Timpal penumpang lainnya.

Hal yang menarik dari topik mereka diatas dapat ditarik benang merahnya yakni : Sandang, Pangan, Papan adalah tanggungjawab negara. Dan negara wajib hadir ketika rakyatnya sangat membutuhkan.

Dari obrolan sederhana itulah yang justru perlu kita dengar sebab, rasanya mereka tidak punya kepentingan apapun, terkecuali tadi sandang, pangan, papan tercukupi.***

Cag, Lanan.

Redaktur. : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *