Pemdes Watesjaya Percepat Program PKTD

oleh -111 views

BOGOR.TRANSMETRO,-Salah satu program yang harus diprioritaskan bagi desa – desa dalam menghadapi wabah Virus Corona yaitu melaksanakan kegiatan percepatan program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD).

Hal tersebut dikatakan Rudi Irawan, Kepala Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dilokasi kegiatan PKTD di Kampung Wates, RT 03 RW 08.

“Yang kami lakukan sekarang ini adalah untuk menyanggah daya beli masyarakat ditengah mewabahnya Virus Corona. Makanya, kami Pemerintah Desa Wates Jaya melakukan percepatan PKTD,” ujar Rudi saat dihubungi melalui pesannya. Senin (13/4/2020).

Diterangkannya, dengan kegiatan percepatan ini diharapkan dapat menjadi instrumen dalam membantu masyarakat prasejahtera untuk bertahan dalam pelambatan ekonomi yang mungkin terjadi dalam situasi dan kondisi sekarang ini.

“Makanya penggunaan dana desa di tahap pertama ini, kita prioritaskan juga pada program PKTD. Dan tentunya, dimaksudkan guna penanganan dan pencegahan virus corona. Pelaksanaannya mengacu pada Permen Desa PDDT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Dimana, dana desa dapat dipakai untuk langkah pencegahan di bidang pelayanan sosial, khususnya dalam layanan kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam program penanganan dan pencegahan Virus Corona disesuaikan dengan keadaan di wilayah Pemerintahan Desa Wates Jaya yang merujuk pada intruksi Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan pencegahannya.

“Kami berupaya melakukan penyesuaian, dalam hal ini yakni antisipasi protokolnya dari kami yaitu Pemerintah Desa Wates Jaya sebagaimana instruksi Gugus Tugas Penanganan Virus Covid-19,” terang Rudi.

Permendesa PDDT no 11 Tahun 2019 itu sendiri mengatur soal desa agar dapat memberikan dana desa untuk menjaga serta mencegah berbagai macam aspek, khususnya pada kondisi serta situasi sekarang ini yakni meluasnya Virus Corona.

Reporter : Agus Sudrajat

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *