Penolakan Jenazah Covid-19 Marak, Polres Sukabumi, TNI dan Dinas Kesehatan Gelar Pelatihan Penanganan.

oleh -233 views

SUKABUMI,TRANSMETRO– Polres Sukabumi, melaksanakan kegiatan Pelatihan Penanganan Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Covid – 19 di wilayah Sukabumi, pada Rabu (15/04/20). Yang berlangsung diadakan di Aula Kamil Hernawan.

Kapolres Sukabumi, melalui Paur Humas, Ipda. Aah Saepul Rohman, mengatakan.”Alhamdulilah hari ini kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat dalam rangka pelatihan,

sama sama membentuk satu tim khusus dibutuhkan tim inilah yang akan bantu rekan rekan medis pemulasaraan jenazah,”Ucapnya.

Kita tidak berdiam diri bila mana dari saat ini banyak yang meninggal dunia kita telah siap melaksanakan Pemulasaraan, peran kita bergabung dengan tenaga medis giat kita agar maksimalkan Standar Operasional Prosedurnya.

Pembentukan tim ini supaya mengetahui dalam pelaksanaan di lapangan seperti apa yang harus kita bantu disaat yang di pulasara ini membawa virus, jelasnya.

tentunya kita tanyakan kepada ahlinya yaitu tim medis yang lebih tahu SOP. seperti alat yang harus dipersiapkan sementara alat pemulasaraan disimpan didua titik satu di Polsek Cibadak yang kedua disimpan di Polres Sukabumi. bila mana ada yang meninggal dunia karena virus corona kita siap membantu, Ungkap Kapolres .

Senada disampaikan Dandim 0622 Letkol Arm. Suyikno, “Pelaksanaan pelatihan ini sudah lumrah, bukan di indonesia saja, akan tetapi di berbagai negara, di daerah kita membentuk gugus depan dibantu TNI dan Polri.

Medis sangat menyoroti virus Covid -19, petugas di lapangan ada faktor faktor keselamatan orang yang memakamkan dan penolakan terhadap jenazah yang akan di makamkan.

Diharapkan tidak boleh ada penolakan pemakaman di wilayah ini yang di soroti oleh Mabes TNI. sangat bermanfaat adanya pelatihan ini untuk kita semua,

ini tugas kemanusian viral ada petugas polri bantu pemakaman masuk secapa tanpa tes dapat penghargaan dari Kapolri ini karena niat tulus, yang penting kita tulus iklas membantu tugas kemanusiaan,”Ucap Dandim.

Sementara Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Suwardi mengatakan, “Pelatihan ini dilaksanakan agar pada saat kita kerja dilapangan kita tidak salah langkah akan tetapi tepat sasaran terangnya.

di tempat yang sama, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, dr.Rika Mutiara, mengatakan.”Update Data Covid -19 diadakan jumpa Pers tiap jam 12 siang. perubahan pada tubuh akibat kematian antara lain perubahan dini, perubahan lanjut dan kematian seluler.

Pertahanan Virus Corona ada di berbagai benda kayu, kertas, besi bahkan di udara, resiko penularan dari jenazah pemindahan dari ruang rawat, pemandian jenazah, pemindahan ke mobil,menurunkan ke liang lahat.

Pemindahan dan penjemputan jenazah pastikan hiding mulut luka terturup, kantong jenazah tertutup, Bankar jenasah terutup dan terkunci APD yang dipakai di lepas.

Standar pemetian peti jenasah dibungkus kembali dengan bahan plastik lalu didesinfesi sebelum masuk mobil jenasah. Transfertasi jenasah tidak dikhususkan bisa dengan ambulan desa.

Pemakaman jenasah lokasi pemakaman jenasah jarak dengan sumber air tanah untuk minum 50 meter jarak dari pemukiman terdekat 500 meter.

Penguburan dapat dilaksanakan di tempat pemakaman umum sesuai syarat syarat TPU. Kunci penularan dari jenazah adalah droplet yang dapat keluar dari lubang-lubang tubuh saat dilakukan tindakan pada jenazah.

Tatalaksana jenazah pasien PDP dan
konfirmasi COVID-19, ditujukan untuk
menghindarkan risiko pengeluaran droplet dari jenazah Setelah jenazah ditata laksana sesuai prosedur jenazah dapat dimakamkan di Tempat Pémakaman Umum (TPU).

Tugas dan kewajiban tidak ada yang berat bila dikerjakan dengan setulus hati dan jiwa. setelah acara selesai maka dilanjutkan dengan peragaan memakai baju Alat Pelindung Diri (APD) dan tanya jawab.”Pungkas dr.. Rika.

Acara tersebut dihadiri Kapolres Sukabumi AKBP. Nuredy Irwansyah Putra, Dandim 0622/ Kabupaten Sukabumi, Letkol .Arm. Suyikno, Kabag Operasi. Kompol. Suwardi, Pasi Ops. Kodim, Kapten Maman Sulaeman, Kasat Sabhara, AKP. Tenda Sukandar,

Kabid Yankes Dinas Kesehatan, dr. Rika Mutiarq, Sukarya, Dani Eka Staf Seksi Kesling, Satgas Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Covid – 19, Polres, Kodim, BPBD, Pol PP dan Dishub dengan jumlah 30 orang.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *