Relawan Covid-19 Palabuhanratu Bersatu Sambangi Gubuk Jompo Mak Oko

oleh -58 views

SUKABUMI,TRANSMETRO-Gelontoran Bantuan Sosial dari Pemerintah, belum ada satu program pun yang di terima Mak Oko (80). Seorang Jompo yang menempati gubuk tua di kampung Pasirpogor RT 07/07 Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.

Dihari yang bersamaan warga lain,berjubel di kantor Desa mengambil Bantuan Langsung Tunai(BLT) Provinsi Jawa Barat. Mak Oko, hanya bisa pasrah dengan keadaanya.

Saat disambangi Relawan Covid-19 Palabuhanratu Bersatu,yang Motori Ardiansyah dari Komisariat SMK wilayah I Palabuhanratu.

Mendapati Mak Oko,sedang berada di kediamannya. Saat ditanya kenapa Mak Oko,tidak berangkat beserta warga lain ke kantor Desa ?
Mak Oko menjawab tidak tahu.

“Mak mah teu terang Aya nanaon,(Mak tidak tahu apa-apa), timpalnya.
Mak Oko, merasa terharu saat tim Relawan menyampaikan sumbangan Sembako dan Uang saku.

Sementara saat mengamati keadaannya, baik sosial, ekonomi, keadaan rumah dan sarana penunjang yang ada. Kondisi Mak Oko, sangat sesuai dengan 14 kriteria kemiskinan yang dikeluarkan oleh Kementrian Sosial RI.

Antara lain, rumah masih berdingding dan beratap bilik, masak masih menggunakan kayu bakar, rumah panggung langsung tanah, jamban masih menggunakan air tanah langsung dan bersanitasi lingkungan yang kurang baik.
Namun sangat ironis Mak Oko,masih belum tersentuh bantuan program.

Ketua PK.KNPI Kecamatan Simpenan, Deris,menyebutkan. Pihaknya sedang mengusahakan Mak Oko,agar tercover Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa,sebutnya.

Semoga dengan bantuan stimulan ini,ada pihak lain yang lebih memperhatikan kondisi Mak Oko, harapnya.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *