Akibat Sungai Cihaur Meluap, Puluhan Hektar Sawah Siap Panen dan Area Hotel Terendam

oleh -146 views

SUKABUMI,- Guyuran hujan dengan curah hujan cukup tinggi,mengguyur wilayah Kecamatan Cikakak dan sekitarnya. Menyebabkan Sungai Cihaur di Desa Cimaja dan Desa Cikakak, meluap.

Sekitar 20 hektare sawah siap panen, di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berada di blok Margaluyu Desa Cimaja, terendam banjir.

Tidak hanya kerugian yang dialami para petani di sektor pertanian sawah saja,banyak pembudidaya Perikanan Air Tawar (kolam ikan dan jaring terapung) juga mengalami hal yang sama.

Hal ini di sampaikan Kepala Desa Cimaja,Wahyu Cakra,Senin (8/6). Taksiran kerugian masih dalam proses verifikasi data dan perhitungan nilai kerugian,jelasnya.

Informasi lainnya juga disampaikan Ilham Santosa alias Ade Rabig warga setempat. Akibat dari meluapnya sungai Cihaur, menyebabkan Turap Penahan Tanah (TPT) DAS Cihaur di sekitar Desa Resort, di Desa Cikakak, jebol.

Mengakibatkan, genangan banjir memasuki area hotel yang berada di sekitarnya.

Dari kejadian tersebut, Kades berharap,Pemerintah Daerah,dalam hal ini Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat,agar segera mengadakan pengerukan atau Normalisasi sepanjang DAS Cihaur,harapnya.

Pihaknya sejak lama (kejadian banjir terdahulu) sudah mewanti-wanti, pihak Dinas, agar segera turun tangan. Namun sampai musibah datang lagi, upaya kongkritnya belum dilaksanakan, sesal kades.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *