Reses II di Surade, Anjak Soroti Penyaluran 170 M Bantuan Sosial COVID-19

oleh -170 views

SUKABUMI,- Anjak Priatama Sukma, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi melakukan pertemuan dengan 60 orang tokoh masyarakat di Dapil 6 Kabupaten Sukabumi, Jum’at (12/06/20).

Dalam pertemuan di agenda Reses Kedua tahun anggaran 2020 ini, Anjak menyoroti beberapa hal terkait masalah Covid-19.

Diantaranya adalah penyaluran dana bantuan sosial sebesar 170 M untuk masyarakat terdampak. Sasaran bantuan sosial ini adalah masyarakat terdampak yang tidak pernah nenerima bantuan dari pemerintah seperti PKH, BPNT, dan bantuan sosial lainnya.

Setiap penerima manfaat akan mendapat bantuan sebesar Rp. 1.200.000,- yang akan disalurkan dua kali secara bertahap. Aleg asal PKS ini mengungkapkan bahwa bantuan yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia ini ternyata banyak masalah.

“Temuan saya, ada dua masalah krusial yang harus kita koreksi. Pertama, pemerintah tidak mempunyai data penerima bantuan yang valid.

Misalnya di beberapa daerah ada ASN dan Perangkat Desa yang masuk dalam daftar penerima manfaat. Sekarang kan tekhnologi sudah maju, harusnya masalah data ini sudah selesai.

Kedua, ada temuan terjadinya pemotongan bantuan oleh oknum Perangkat Desa. Ini harus kita usut tuntas, di tengah pandemi seperti ini masih saja ada penyelewengan anggaran.

Mari kita berperan aktif dalam pengawasan bantuan ini, jika ada temuan jangan sungkan-sungkan laporkan ke saya,” Papar Anjak di hadapan peserta.

Lebih lanjut, Anjak menyampaikan bahwa dampak COVID-19 ini juga dialami Pemerintah Daerah. Diantaranya pengurangan anggaran pembangunan akibat refocusing anggaran.

Sementara disaat yang sama pendapatan pemerintah daerah terutama sektor pajak dan retribusi menurun drastis. Ini berakibat pada rencana pembangunan yang terhambat.

Kondisi ini diperparah dengan tetap akan dilaksanakannya Pilkada di bulan Desember tahun ini,beber Putra mantan Bupati Sukabumi, H. Sukmawijaya ini.

Reporter : Sopandi

Redaktur : Hepie H

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *