Pemkab Cianjur Akan Segera Bangun Logistik Benih Kopi (Nursery Coffe).

oleh -36 views

CIANJUR TRANSMETRO.ID,- Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian akan mengangkat kembali kejayaan kopi asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan membangun logistik benih kopi (Nursery Coffe). Tidak hanya di Cianjur, program itu juga dilakukan di beberapa wilayah lain di Indonesia.

“Cianjur ini merupakan wilayah yang berpotensi dalam perkebunan kopi, apalagi Cianjur sudah punya sejarah perkopian, makanya kami ingin meningkatkan kejayaannya kembali, salah satunya dengan membangun logistik benih kopi”, ujar Kresno Suharto sebagai Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, saat melakukan kunjungan ke Pendopo Kabupaten Cianjur, Rabu (29/07/2020).

Kresno mengatakan, lokasi yang dinilai paling ideal untuk menjadi lokasi pembangunan logistik benih berada di Kecamatan Campaka, karena secara teknis lokasi tersebut memenuhi syarat dengan luas standar minimal yang dibutuhkan yakni 3,9 hektare.

“Saat ini kita baru membangun di lahan seluas 1 hektare, insyaAllah pertengahan Agustus mendatang proses pembangunan infrastruktur akan dimulai agar bisa segera beroperasi”, katanya.

Lanjutnya, dipastikan program ini pun ada pendampingan dari dinas terkait dan akan dimaksimalkan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat setempat, karena ini juga menjadi bentuk kepedulian pemerintah untuk membangun ekonomi di Kabupaten Cianjur.

“Sehingga nantinya logistik benih dapat menghasilkan produksi kopi untuk diekspor keluar daerah. Oleh karena itu, benih dan bibit yang dikembangkan harus sudah terkenal serta tersertifikasi”, terangnya.

Sementara, Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman menuturkan, Kabupaten Cianjur dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dan mempunyai sejarah panjang terkait kopi.

“Tentunya kami akan segera mempersiapkan fasilitas untuk mewadahi dan merealisasikan program dari kementerian tersebut. “Pungkasnya.

Red/hms

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *