Awas, Aksi Kejahatan Hacker Mengintai Portal Berita Online, Berikut Isi Penjelasannya.

oleh -42 views

TRANSMETRO.ID,- Jejaring internet yang kita nikmati setiap harinya ternyata tidak terlepas dari aksi-aksi kejahatan.

Kejahatan yang terjadi di jejaring internet adalah peretas dan menggunakan data pribadi milik kita tanpa sepengetahuan kita.

Atau bahkan menanam sebuah virus yang kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada alat yang kita gunakan yakni smartphone dan PC.

Sehingga menurut pakar siber, Pratama Persadha mengatakan, Lembaga riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC).

Telah memprediksikan bahwa serangan peretas tidak akan lama akan menyerang media di tanah air.

“Peretasan pada Tempo itu bagian dari tindakan deface. Sedangkan Tirto lebih parah lagi, kemungkinan sudah berhasil masuk bahkan kemungkinan ambil posisi super admin. Dari pengakuan redaksi Tirto, beberapa artikel pemberitaan sudah,” ujar Pratama dalam keterangannya seperti dikutip Transmetro.id dari mantrasukabumi.com pada Rabu, 26 Agustus 2020.

Dengan diketahuinya dua kasus itu, CISSReC menyatakan, kasus serupa akan berpotensi terulang pada media besar lainnya.

“Ancaman peretasan sudah diprediksi CISSReC pada tahun lalu, karena melihat fenomena pembobolan website berita yang terjadi di luar negeri. Seperti situs berita Qatar News Agency di Arab Saudi,” sebutnya.

Pratama mengatakan, tindakan deface maupun memodifikasi isi portal berita, masuk dalam ranah pelanggaran Undang-undang ITE pasal 30 dan juga 32.

“Cara mencegah peretasan dengan audit keamanan secara rutin, lalu lakukan update rutin pada sistem, baik CMS website, anti virus, firewall dan semua perangkat pendukung, dan yang paling penting adalah membuat username password yang sulit,” katanya.

Pratama menambahkan yang penting juga adalah pengelolaan pengaturan hak user dengan baik, terutama pada super admin dalam website.

“Gunakan SSL dan juga lindungi website dari Injeksi SQL. Pastikan untuk selalu melakukan scan SQL injection secara rutin dan mengaktifkan firewall,” pungkasnya.**

Source : Mantrasukabumi.com

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *