Perumda AM Tirta Bumi Wibawa di Usia 45 Tahun, Hadapi Tiga Tantangan.

oleh -30 views

SUKABUMI TRANSMETRO.ID,– Ada tiga masalah utama yang dihadapi Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa yang menjadi peluang dan tantangan ke depan. Hal tersebut disampaikan Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa, Abdul Khalik Padjawani, pada peringatan Hari Jadi ke-45 Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa di Aula Perumda TBW, Jumat, 28 Agustus 2020. Peringatan Hari Jadi tersebut dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota, H. Andri S Hamami.

Adapun ketiga masalah tersebut, pertama, masalah keterbatasan air baku. Dari hasil studi yang dilakukan, air baku di Kota Sukabumi masih minus, karena air baku yang dimanfaatkan saat ini adalah air baku yang dari dulu belum ada penambahan, malah terjadi degradasi baik secara kualitas maupun kuantitas. Namun ini menjadi peluang bagi Kota Sukabumi bersama 100 kabupaten/kota yang lain dalam penyusunan masterplan RWS (Raw Water Supply) di Kementerian Pekerjaan Umum hingga tahun 2040.

Kedua, tingkat kehilangan air yang tinggi. Selama ini Perumda masih menggunakan pipa lama sehingga tingkat kehilangan air cukup tinggi. Akhir tahun 2019 telah diajukan proposal ke pemerintah pusat dan telah mendapat respon cukup positif dengan telah diturunkannya konsultan untuk assessment pipa-pipa lama yang akan diganti.

Ketiga, cakupan pelayanan yang masih rendah. Hasil audit terbaru, cakupan pelayanan di Kota Sukabumi masih rendah. Hal ini menjadi peluang untuk pengembangan SPAM Regional Cimandiri untuk pelayanan ke wilayah selatan Kota Sukabumi.

Namun, selain tiga masalah tersebut, ada banyak hal yang menjadi kebanggan bagi perumda TBW di usia ke-45 ini, diantaranya adalah hasil evaluasi laporan keuangan tahun 2019 dari Kantor Akuntan Publik memperolah opini wajar tanpa pengecualian dan hasil audit kinerja BPKP tahun 2019 perumda dinyatakan sehat dengan nilai yang jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam acara ini juga diserahkan santunan bagi anak-anak yatim dari dua panti asuhan, Penyerahan door prize utama berupa hadiah umroh bagi para karyawan Perumda, serta penyerahan hadiah bagi pelanggan terbaik.

Red/hms

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *