Antisipasi Sebelum Tejadi, Dua Tanda Alam Ini Bisa Jadi Peringatan Awal Tsunami Dalam Waktu Dekat.

oleh -29 views

Ilustrasi Tsunami.

TRANSMETRO.ID,- Hasil kajian Institut Teknologi Bandung yang memprediksi akan datangnya tsunami setinggi 20 meter berimbas pada keresahan warga.

Alih-alih panik, Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada warga agar tidak terlalu panik karena kondisi tersebut belum tentu terjadi.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menekankan, potensi itu merupakan skenario terburuk yang akan terjadi jika zona yang selama ini terkunci di Selatan Jawa barat dan Selatan Jawa Timur lepas bareng-bareng.

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Jawa Timur juga menghimbau agar masyarakat untuk membekali diri dengan tanda-tanda alam jika terjadi bencana dan cara menyikapinya.

BPBD Lumajang menjelaskan ada dua tanda pasti yang bisa menandakan akan datangnya tsunami dalam waktu dekat.

Tanda pertama yakni dilihat berdasarkan prilaku hewan khususnya burung-burung laut yang terbang ke daratan, menjadi salah satu tanda bahaya terjadinya tsunami.

Hal ini dikarenakan insting hewani burung yang sangat kuat.

Tanda kedua adalah, surutnya mata air di sumur rumah warga yang berada di sepanjang bibir pantai secara mendadak dan diiringi surutnya air laut secara tiba-tiba.

“Burung burung laut terbang ke darat dan air sumur masyarakat terutama masyarakat di sekitar pantai, harus ada siskamling saat ini,” kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan Bencana dan Logistik, Wawan HS, Selasa (29/9/2020).

Karenanya, Wawan mengharapkan, masyarakat bisa mengaktifkan siskamling terutama pada Desa Tangguh Bencana (Desana) yakni daerah disekitar pantai yang sudah disiapkan alat Early Warning System (EWS) atau sirine yang telah ditempatkan di masing-masing titik terdampak tsunami seperti di Masjid dan Balai desa

“Selain itu di masing-masing titik juga sudah disiapkan Warning Receiver System (WRS) untuk memonitor gempa yang terjadi diseluruh Indonesia selama 24 jam penuh oleh personil,” jelasnya.

“Untuk itu semua masyarakat saat ini perlu mewaspadai semua tanda dan peringatan tersebut selama informasi tersebut berasal dari institusi resmi, namun masyarakat tidak perlu panik,” tandasnya

Source : Zonajakarta.com

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *