Harapan Masyarakat Ciangkrek di Pilkada 2020, : Utamakan Prioritas Kelayakan Jalan.

oleh -68 views

SUKABUMI TRANSMETRO.ID,- Memiliki sebuah kemampuan dalam mengemudi atau mengendarai sepeda motor dijalan raya, merupakan suatu hal yang biasa.

Namun hal itu bisa berubah ketika hendak menuju ke tempat terpencil terisolasi Dusun Ciangkrek, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi yang kedapatan seperti jalan dikala jaman penjajahan dahulu.

Sementara menurut keterangan dari Kepala SMPN 5 Satu Atap, Kabupaten Sukabumi, Imam Nurahman yang di setiap harinya melewati jalan tersebut merasa khawatir akan terjadi sebuah kecelakaan, walaupun sudah biasa melewatinya,

Kepala SMPN 5 Satu Atap (‘Imam Nurahman’)

“Ya, dengan kondisi jalan seperti ini sangat sulit ketika ada yang mau kirim barang kesekolah, karena kendaraan roda 4 tidak bisa sampai kehalaman sekolah. Untuk itu sangat diperlukan sekali dokumen berbentuk Foto yang harus dibahas dan dipertimbangkan, demi keselamatan kita dalam berkendara di jalur yang ekstrim, ditambah dengan tekad dan nyali besar agar bisa sampai ketempat yang dituju, “kata Imam Nurahman kepada transmetro.id, “Kamis (24/09/20).

Masih kata Imam, selain jalunya yang ekstrim, sisi kiri kanan jalan merupakan tebing dan jurang, tatkala gagal oper gigi bisa berakibat fatal, bahkan kendaraan bisa terperosok ke jurang.

Sebelumnya kegiatan masyarakat untuk memperbaiki jalan sudah sering dilakukan, tetapi karena jalan yang panjang dan jauh dari tempat pemukiman, maka seolah-olah jalan tersebut belum berubah kelayakannya.

Sedangkan dana swadaya masyarakat dan dana Desa yang diterima masih belum cukup untuk mendanai proses kelayakan jalan, karena di anggap belum layak untuk antar anak ke dunia pendidikan, antar hasil pertanian, ngantar orang ke Desa, Kecamatan, Rumah Sakit, ke pasar dan aktifitas lainnya, ”ujarnya.

Lebih rinci Imam mengatakan, selain Ciangkrek, ada juga beberapa jalan yang ekstrim, mulai dari Cibuntu, Tanjakan Nangka, Tanjakan Randu, Tanjakan Kiara Batu Aro, Tanjakan Cerlang, Tanjakan Dogol, dan tanjakan lainnya, yang merupakan sebuah ancaman bagi para pengendara yang kurang mahir dalam memacu kendaraannya.

Untuk itu, kami bersama masyarakat Ciangkrek berharap kepada siapapun yang nantinya akan memimpin Kabupaten Sukabumi kedepan, agar lebih mengutamakan prioritas kelayakan jalan, supaya kesan Ciangkrek yang terpencil menjadi Ciangkrek indah, karena banyak potensi wisata alam di sana. ”Pungkasnya.

Reporter : Sopandi
Editing    : Fjr. G

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *