,

Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke 150, DPRD Gelar Paripurna Dengan Nuansa Sunda.

oleh -39 views

SUKABUMI TRANSMETRO.ID,- Dalam rangka merayakan hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-150 tahuh yang jatuh pada Kamis (10/09/20), DPRD Kabupaten Sukabumi turut serta merayakan nya dengan nuansa adat sunda, mulai dari mengenakan pakaian adat, dan bahasa pengantar menggunakan jam bahasa sunda.

Dalam pelaksanaan rapat yang di gelar di ruang utama gedung Dewan, ada sedikit hal yang berbeda, selain rapat paripurna mengenakan pakaian adat Sunda, pimpinan DPRD dan Bupati Sukabumi dalam penyampaian nya pun kerap menggunakan bahasa Sunda.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara usai pelaksanaan acara menyatakan, “iya, kita rapat paripurna menggunakan prosesi adat sunda, pengantar dan sambutan nya pun bahasa sunda. “kata Yudha.

Yudha mengakui, saat membacakan sambutan dengan bahasa Sunda, memang awalnya mengalami kesulitan, namun akhirnya jadi terbiasa dan berjalan lancar.

Memang awalnya cukup terbata-bata, tapi alhamdulillah, karena kita harus selalu ngamumule (Melestarikan) bahasa sunda.

Yudha mengungkapkan, “bahasa sunda teh nu urang, urang teh urang sunda, jadi urang kudu bangga jadi urang sunda, saha deui nu rek ngajagaan budaya sunda, iwal ku urang sararea. (Bahasa sunda kan bahasa kita, jadi kita harus bangga jadi orang sunda, siapa lagi yang bisa menjaga budaya sunda, kalau bukan kita semua). “ungkapnya.

Lebih rinci Yudha mengatakan, adapun pembahasan dalam rapat paripurna tersebut, antara lain mendengarkan sejarah singkat perjalanan pembangunan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, selama kurun waktu 150 tahun berdiri. “Pungkasnya.

Reporter : Sopandi
Editing    : Fajar. G

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *