Pansus Covid DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Tidak Dipolitisasi, Soal Penyaluran Bansos di Tengah Pilkada.

oleh -34 views

SUKABUMI TRANSMETRO.ID,– Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan evaluasi mengenai bantuan sosial saat melakukan pertemuan dengan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. “Senin (07/09/20).

Dalam pertemuan tersebut, Pansus memberikan catatan terkait jaring pengaman sosial (JPS) yang bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi.

“Kami melakukan beberapa evaluasi terkait jaring pengaman sosial yang bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi. Jadi, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang digelar bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi,” ujar Sekretaris Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Sukabumi, Anjak Priatna.

Ia menjelaskan, catatan yang disampaikan yaitu pendistribusian JPS, yang awalnya Dinas Sosial menggandeng PT Pos. Namun, saat ini pada tahap kedua penyaluran JPS, bekerja sama dengan setiap desa untuk pendistribusiannya.

“Ada plus minusnya. Positifnya, dengan desa bisa lebih fleksibel terutama tentang penerima bantuan,” katanya.

“Sedangkan negatifnya, praktik yang kurang baik. Contoh, kutipan bisa saja terjadi, karena bantuannya kan berupaya uang tidak langsung ke penerima, melainkan melalui perangkat desa yang memberikannya,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya meminta agar para petugas penyaluran bansos ini diberikan upah yang layak, supaya potensi praktik yang tidak diharapkan dapat diminimalisasi.
Selain itu, pihaknya juga meminta agar penyaluran bansos ini tidak dipolitisasi, karena Kabupaten Sukabumi akan melakukan pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Catatan kami yang disampaikan kepada pihak dinas, honor para petugas pendistribusian harus ditingkatkan. Kemudian, pendampingan dan pengawalan pelaksanaan dilapangan harus diperketat. Terakhir, kami meminta kepada semua pihak agak tidak mempolitisasi bantuan tersebut. Kemudian, SOP penyaluran harus memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

“Kami juga minta agar kesampingkan dulu urusan politik, JPS itu bicara tentang kemanusiaan. Apalagi kondisi ekonomi kita dalam kondisi seperti ini. “Pungkasnya.

Source : tribunjabar.id

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *