Penerapan PSBM Dinyatakan Berhasil, : Gubernur Jabar, Minta Daerah Lain Meniru Bogor.

oleh -76 views

BANDUNG TRANSMETRO.ID,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim pemberlakuan pembatasan jam malam di Kota Bogor menuai hasil positif. Pihaknya akan merekomendasikan daerah lain untuk meniru pola manajemen penanganan di Kota Bogor guna menekan penyebaran COVID-19.

“Penurunan kasus di Kota Bogor sehingga manajemen jam malam dan PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Makro) di sana kelihatan memiliki pengaruh positif,” ucap pria yang akrab disapa Kang Emil ini usai rapat koordinasi di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (9/9/2020).

Level kewaspadaan Kota Bogor sendiri saat ini sudah menurun. Awalnya, level di Kota Bogor masuk ke dalam zona merah. Namun saat ini diklaim sudah menurun ke zona oranye.

Kang Emil mengatakan dengan penurunan level tersebut, pola manajemen penanganan di Kota Bogor ini akan direkomendasikan ke daerah lain yang jumlah angka positifnya masih tinggi.

“Sehingga gugus tugas Jawa Barat memberikan rekomendasi kepada tempat-tempat yang kenaikan tinggi untuk mengikuti pola yang sama,” katanya.

Kang Emil menyatakan saat ini ada sekitar lima ribuan kasus aktif di Jawa Barat. Dari lima ribuan itu, sebanyak 2.000-an menjalani isolasi di rumah sakit.

“Total dari kasus aktif lima ribuan di Jawa Barat yang dirawat di rumah sakit sekitar dua ribuan orang 40 persen. Sehingga 60 persennya melaksanakan isolasi di rumah masing-masing,” kata dia.

Seperti diketahui, Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan berdasarkan data terbaru dari Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, level kewaspadaan Kota Bogor kini sudah tidak lagi zona merah tetapi sudah turun ke zona oranye. Menurutnya hal itu karena ada perbaikan pada sejumlah indikator.

“Alhamdulillah, ini patut kita syukuri bersama. Kita juga melihat ada efek pemberlakuan pembatasan jam malam dan jam operasional. Warga relatif lebih berhitung untuk berkumpul, keluar dan lain-lain,” ujar Bima Arya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2020).

Source : detiknews.com

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *