Wujudkan Lingkungan Bersih, Wali Kota Sukabumi Buka Pelatihan Pengelolaan Sampah Yang di Selenggarakan Oleh Kelurahan Benteng.

oleh -38 views

SUKABUMI TRANSMETRO.ID,- Permasalahan sampah adalah permasalahan yang tidak akan pernah selesai selama adanya kehidupan manusia. Perkembangan teknologi dan kemajuan jaman yang semakin modern menambah volume sampah terutama sampah yang berasal dari rumah tangga. Oleh karena itu pengelolaan sampah menjadi satu keharusan untuk mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga umur TPA akan lebih panjang.

Hal tersebut disampaikan Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat membuka kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kelurahan Benteng di Hotel Balcony Sukabumi, Rabu, (30/09/20).

Kegiatan yang mengambil tema “Dari Sampah Menjadi Berkah” ini, diikuti oleh 70 orang peserta yang berasal dari unsur LKK (Lembaga Kemasyakatan Kelurahan), terdiri dari para kader Posyandu, Kader PKK, para ketua RW, perwakilan Karang Taruna, LPM, perwakilan tokoh masyarakat dan perwakilan ketua RT se-Kelurahan Benteng.

Menurut Walikota, Fungsi LKK diantaranya melakukan percepatan pembangunan di wilayah. Pembangunan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan wilayah sehingga tercipta harmonisasi pembangunan diantara unsur-unsur yang terlibat.

Salah satu masalah yang menjadi persoalan di wilayah adalah masalah sampah perkotaan yang semakin hari semakin bertambah. Di Kota Sukabumi setiap harinya sekitar 170 ton sampah masuk ke TPA. Jika masalah sampah ini tidak dikelola dengan baik maka sampah akan menjadi musibah.

Oleh karena itu, pengelolaan sampah berbasis masyarakat bisa dimulai dengan pemilahan sampah organik dan anorganik dari rumah tangga. Sampah organik dan anorganik jika dikelola dengan baik dapat berubah menjadi berkah berupa penghasilan.

Sementara itu Lurah Benteng, Tri Hastuti, S.IP., menjelaskan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membentuk pemahaman dan kesadaran ekologis masyarakat, membentuk komunitas maggot kelurahan dan membentuk kader-kader peduli lingkungan di Kelurahan Benteng.

Pelatihan ini menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidangnya, yakni M. Zainal Habibi dari Komunitas Budidaya Maggot BSF Sukabumi, Neviawati, dari Komunitas Sahabat Lingkungan serta Banyu CA, SH., MM., dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi. Dalam pelatihan tersebut diserahkan pula, 10 set alat kebersihan kepada para ketua RW dan 3 buah display budidaya maggot.

Red*

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *