Di Depan Warga, Cabup Marwan Paparkan Capaian-Rencana Sukabumi ke Depan

oleh -32 views

SUKABUMI.TRANSMTRO. – Calon Bupati (Cabup) Sukabumi Marwan Hamami terus melakukan komunikasi politik ke massa pendukungnya di Pilkada Kabupaten Sukabumi. Selain mengungkap capaian program, Marwan juga mengungkap rencana strategis Kabupaten Sukabumi ke depan. Hal itu diungkap Marwan saat bertemu dengan massa pendukungnya di Kampung Cigangsa Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Senin (2/11/2020).

Marwan menyebut soal tumbuhnya industri pariwisata selama ia menjabat sebagai kepada daerah Kabupaten Sukabumi.

“Keberpihakan kepada masyarakat tentunya, contoh saja di Kecamatan Ciwaru, Kecamatan Ciemas dulu 80 persen masyarakat menjadi buruh migran. Sekarang itu sudah berubah, hanya tinggal sekitar 20 persen saja, itu seiring dengan adanya industri pariwisata yang membuat warga setempat di sana itu lebih kreatif,” ungkap Marwan.

Hal itu juga yang menjadi alasan bagi Marwan untuk tidak mengeluarkan izin perhotelan bintang 3 masuk ke kawasan yang berada di area Geopark Ciletuh tersebut.

“Saya tidak mengizinkan di Ciwaru dibangun hotel bintang 3. Sehingga membuka peluang masyarakat untuk membuka home stay. Dari situ mereka bisa mengumpulkan 2 sampai 5 juta per bulan. Itu dari home stay saja. Belum lagi mereka yang rajin mengolah makanan,” papar Marwan.

Marwan yang berpasangan dengan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Somantri itu juga kembali mengungkap soal tagline ‘Melanjutkan Kebaikan’. Tagline tersebut merupakan keberlanjutan capaian dalam hal pembangunan yang telah ia lakukan selama memimpin Sukabumi.

“Infrastruktur di Kabupaten Sukabumi berupa jalan kabupaten sudah mencapai 90 persen. Seandainya tidak ada refocusing anggaran akibat Corona saya yakin pembangunan seluruh jalan kabupaten akan selesai semua. Contoh, salam waktu dekat ini Kami juga sudah mendapat persetujuan untuk melakukan pengaspalan jalan dari Sirnarasa ke Ciptagelar (kasepuhan adat). Insya Allah akan direalisasikan bulan November ini,” kata Marwan.

Marwan juga memohon doa dari warga untuk mewujudkan mimpi menjadikan Palabuhanratu sebagai Ibukota Kabupaten Sukabumi. Di mana seluruh perkantoran akan dipindahkan ke Palabuhanratu. Saat ini, proses pembangunan kantor perkantoran Pemkab Sukabumi tengah dibangun di area Lapang Cangehgar.

“Bayangkan saja, ada sekitar 16 ribu PNS yang akan pindah ke Palabuhanratu. Itu akan membuka peluang bagi masyarakat dalam segi ekonomi,” tegasnya.

“Belum lagi, Palabuhanratu akan memiliki Pelabuhan Samudera di lahan bekas Pelita Air Service. Kemarin sudah diukur lagi seluas 40 hektare. Kemudian ada juga Pelabuhan Regional di Palabuhanratu.

Belum lagi ada Pelabuhan Pengumpan di Cibangban. Kita harus siap menghadapi itu semua. Mari sama-sama melanjutkan kebaikan untuk Sukabumi yang Religius, Maju, Inovatif, Sejahtera Lahir Batin. Melakukan perubahan itu sulit, tapi harus dilakukan,” ucapnya. Seperti yang dilansir dari news.detik.com

“Jika tol sesi 2 selesai bulan Februari nanti, maka sudah dipastikan investor akan masuk ke Palabuhanratu dan wilayah lain di selatan yang saat ini PAD-nya hanya 35 persen dari total PAD Kabupaten Sukabumi. Tentunya kita sebagai warga peribumi jangan sampai tergerus oleh pembangunan. Maka dari itu dari sekarang kualitas sumber daya manusianya juga harus kita persiapkan,” sambung Marwan.

Hujan sempat turun sesaat setelah Marwan Hamami memulai tatap muka dengan masyarakat. Seperti di lokasi lain antusiasme masyarakat tidak goyah. Mereka sekedar bergeser mencari tempat berteduh dan tetap fokus pada pemaparan yang disampaikan Bupati Sukabumi yang tengah cuti tersebut.

“Kita harus bersiap. Karena mau tidak mau, kita memasuki masa yang mengharuskan kita bersaing dalam segala hal. Perekonomian dan percepatan pembangunan akan dan sudah terjadi,” ujar Marwan.

Dtk/Lin

 

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *