Antisipasi Dampak Peralihan Musim, Pemkot Sukabumi dan Forkopimda Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

oleh -37 views

SUKABUMI.TRANSMETRO.Mengantisipasi dampak peralihan musim dari kemarau ke penghujan dan munculnya fenomena cuaca La Nina, Pemerintah Kota Sukabumi beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana,  pada hari Sabtu, 7 November 2020, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Wali kota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, yang memimpin apel tersebut menjelaskan bahwa tujuan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana adalah untuk mempersiapkan diri dalam melakukan pencegahan bencana, meminimalisasi dampak bencana, dan melaksanakan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan tuntas.

Dijelaskan pula mengenai bencana alam yang dapat terjadi di Kota Sukabumi seperti potensi cuaca ekstrem, gempa bumi, serta longsor.

Sementara itu, laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengungkapkan bahwa sejak awal tahun hingga bulan Oktober 2020 telah terjadi 148 kejadian bencana di Kota Sukabumi, dengan rincian bencana angin puting beliung terjadi sebanyak 2 kali, 5 kali banjir, serta 44 kali terjadi cuaca ekstrem.

Kemudian bencana kebakaran terjadi sebanyak 15 kali, tanah longsor 51 kali, dan tercatat pula 21 kali gempa bumi.

Sejumlah bencana tersebut  tidak menimbulkan korban jiwa, sedangkan kerugian materiil mencapai Rp. 5,35 Milyar.

Inf/Kta/Mlk

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *