Peringati Hari Pahlawan, FK-Karang Taruna Maja Laksanakan Ziarah Kebangsaan Kemakon TMP Seribu Serpong

oleh -60 views

LEBAK.TRANSMETRO.-Dalam rangka memperingati hari pahlawan, Forum Komunikasi Karang Taruna Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Provinsi Banten bersama dengan yayasan Nurani Insani mengadakan kegiatan ziarah kebangsaan ke Taman Makam Pahlawan Seribu Serpong pada Selasa, 10 November 2020.

Ketua Karang taruna Kecamatan Maja Endin Bek menerangkan bahwa ziarah kebangsaan ini dalam rangka mengenang kembali jasa para pejuang kemerdekaan dari milisi/laskar (Bukan Militer) yang berasal dari wilayah Kecamatan Maja dan di makamkan di TMP seribu.

“Para Syuhada ini berlatar belakang rakyat murni yang ikut bertempur melawan penjajah belanja pada peristiwa perang cilenggang tanggal 26 Mei 1946”.terangnya

“Dari 192 warga kecamatan Maja 4 (empat) orang berhasil pulang dengan selamat sedangkan 188 orang gugur di medan laga”.lanjut Endin

“Awalnya jasad para syuhada ini di makamkan di kuburan massal di areal pertigaan cisauk ,dan kemudian pada tahun 1996 di pindahkan ke tempat yang lebih terhormat yaitu Taman Makam Pahlawan Seribu ini”.

H. Dedi Rosadi pemilik Yayasan Nurani Insani yang turut serta dalam rombongan ziarah kebangsaan ini menambahkan. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan, oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh melupakan jasa para syuhada yang telah mengorbankan jiwa raganya demi mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan belanda”.

“Dulu para leluhur mengorbankan nyawa demi kemerdekaan. di era sekarang ini kita sebagai putra daerah harus memiliki spirit yang sama dalam membangun Kecamatan Maja dengan segala sumberdaya yang kita miliki” tutup haji dedi.

Haji Abay, salah seorang cucu pelaku sejarah Laskar Rakyat Maja yang berasal dari kampung Ciherang Desa Maja Kecamatan Maja merasa bangga dan terharu bahwa kakeknya turut di
makamkan di TMP seribu.

“Kami merasa bangga pengorbanan nyawa leluhur di hargai oleh pemerintah karena ditempatkan di Taman Makam Pahlawan, sebaliknya kami juga mengharapkan perhatian dari Pemda Kabupaten Lebak terhadap jasa para pejuang Laskar Rakyat Maja”, pintanya

“Setidaknya ada monumen sebagai tanda bahwa ada 192 orang warga Kecamatan Maja yang telah ikut menyerbu ke markas belanda di Cilenggang Serpong “, tutup H. Abay penuh harap.

Kegiatan ziarah kebangsaan ini diikuti oleh 30 orang yerdiri dari pengurus FK Karang Taruna Kecamatan Maja, Pengurus Yayasan Nurani Insani dan ahli waris pejuang Laskar Rakyat Maja.

Reporter : Muhtadin

block ID 8589 : transmetro.id

Tentang Penulis: transmetro.id

Jendela Informasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *